• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN SEKOLAH PEREMPUAN DALAM MEWUJUDKAN KEBERDAYAAN PEREMPUAN (STUDI KASUS PADA SEKOLAH PEREMPUAN JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Mashlikhatur Rizkih - 120210201031 -1.pdf (2.534Mb)
    Date
    2016-08-10
    Author
    RIZKIH, Mashlikhatur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sekolah Perempuan memiliki tiga peran yaitu, (1) membangun kesadaran kritis perempuan dimana setiap pembelajaran menggunakan metode diskusi, (2) mendorong aksi transformatif perempuan dengan mengadakan lomba menulis dan memberikan tugas aplikatif, dan (3) memperluas dialog konstruktif yang bekerjasama dengan Rumah Perempuan Jember, Akademi Berbagi Jember, Koalisi Perempuan Indonesia (KPI), dan berbagai organisasi lain. Untuk menjadikan warga belajar berdaya Sekolah Perempuan Jember memberikan (1) akses mendapatkan pendidikan perempuan, peningkatan skill, dan akses mendapatkan informasi dalam peningkatan ekonomi yaitu pemasaran produk pelatihan. Namun akses terhadap informasi tersebut tidak dimanfaatkan warga belajar secara maksimal, (2) meningkatkan partisipasi aktif warga belajar dalam proses pembelajaran. Warga belajar dapat berpartisipasi aktif baik di Sekolah perempuan maupun di organisasi lain untuk pengambilan keputusan, (3) menumbuhkan kontrol dengan memberikan pengetahuan pada warga belajar dan selanjutnya kontrol akan dimiliki warga belajar dengan sendirinya, dan (4) memberikan manfaat yaitu berupa pendidikan perempuan terhadap warga belajar. Namun, tidak semua peran yang dimiliki oleh Sekolah Perempuan Jember dapat berperan untuk mewujudkan keberdayaan perempuan, seperti peran membangun kesadaran kritis terhadap akses dan peran memperluas dialog konstruktif terhadap kontrol pada diri warga belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Sekolah Perempuan memiliki peran untuk membangun kesadaran kritis, mendorong aksi tranformatif, dan memperluas dialog konstruktif perempuan. Untuk mewujudkan keberdayaan perempuan, Sekolah perempuan memberikan akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat bagi warga belajar. Saran yang dapat peneliti berikan adalah hendaknya Sekolah Perempuan Jember memaksimalkan pertemuan dalam proses pembelajaran minimal satu minggu sekali. Sehingga warga belajar dapat benar-benar memahami tentang pendidikan perempuan yang diberikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76205
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    Related items

    Showing items related by title, author, creator and subject.

    • Kewenangan Pemerintah Membina Koperasi Dalam Rangka Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Perempuan Keluarga Sehat Dan Sejahtera (Perkassa) Ditinjau Dari Undang- Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian 

      Yusanti Eka Oktaviasari (2014-01-24)
      Pemerintah berperan penting dalam pembinaan koperasi Indonesia. Dalam Undang-Undang nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian (LN Republik Indonesia No 116 TLN Republik Indonesia No 3502 Th 1992) terdapat beberapa pasal ...
    • PEMULUNG PEREMPUAN (Studi Deskripsi Kehidupan 6 Pemulung Perempuan di Tempat Pembuangan Akhir Desa Kertosari Kecamatan Pakusari Jember) 

      Elmas Najachah Ilia (2014-01-23)
      Pemulung adalah orang yang bekerja mengumpulkan sampah, pekerjaan ini dilakukan setiap hari untuk mendapatkan penghasilan dari penjelasan Ratna (2006:10). Minimnya kemampuan, keterampilan, pendidikan dan faktor ekonomi untuk ...
    • PERAN EKONOMI PEREMPUAN MELALUI PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI PERDESAAN (Studi Kasus Pada Penerima Simpan Pinjam Khusus Perempuan di Desa Jambewangi Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi) 

      I’anatun Nafi’ah (2014-01-24)
      Penelitian ini yaitu penelitian deskriptif pedekatan kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif, dengan analisis interaktif terdapat analisis kualitatif yang digunakaan untuk mengetahui peran ekonomi dan ...

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository