Show simple item record

dc.contributor.advisorImam Muchtar
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorMochammad Suryadi Airlangga
dc.contributor.authorImam Muchtar
dc.contributor.authorSihono
dc.date.accessioned2016-08-10T01:02:56Z
dc.date.available2016-08-10T01:02:56Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76140
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan pada tema “cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember. Aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang tergolong rendah disebabkan kurangnya variasi model yang digunakan guru dalam pembelajaran. Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan adalah cara membelajarkan siswa dengan menghadirkan suatu materi dalam dunia cerita secara berkelompok menggunakan boneka tangan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa terdiri atas 14 siswa laki-laki dan 8 siswi perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonsari 05 Jember. Pada prasiklus rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal sebesar 61% yang dikriteriakan cukup aktif dan meningkat menjadi 66% yang dikriteriakn cukup aktif pada siklus I dan 84% yang dikriteriakan aktif pada siklus II. Peningkatan juga terlihat pada hasil belajar siswa. Pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa sebesar 59 yang dikriteriakan kurang dan meningkat menjadi 68 yang dikriteriakan sedang/cukup pada siklus I dan 82 yang dikriteriakan sangat baik pada siklus II. Hasil belajar afektif pada tahap prasiklus sebesar 59 yang dikriteriakan kurang dan meningkat menjadi 65 yang dikriteriakan sedang/cukup pada siklus I dan 79 yang dikriteriakan baik pada siklus II. Hasil belajar psikomotorik pada tahap prasiklus sebesar 74 yang dikriteriakan baik dan meningkat menjadi 75 yang dikriteriakan baik pada siklus I dan 83 yang dikriteriakan sangat baik pada siklus IIen_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPenelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Boneka Tangan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema “Cita-citaku” di SDN Kebonsari 05 Jember Tahun Pelajaran 2015/2016en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record