• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry)DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA (Kelas VII Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016)

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Lukma Suryaningsih - 120210103042 -1.pdf (3.732Mb)
    Date
    2016-08-09
    Author
    SURYANINGSIH, Lukma
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap guru IPA SMP Plus Darus Sholah Jember, diperoleh informasi bahwa pembelajaran yang selama ini diterapkan pada umumnya masih bersifat konvensional yaitu diskusi, ceramah dan tanya jawab.Informasi lainnya adalah belum maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan seperti masih kurangnya praktikum atau percobaan untuk menguatkan konsep-konsep yang dipelajari menjadi salah satu penyebabya. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Darus Sholah Jember, yang dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaan inkuiri terbimbing dengan authentic assessment terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa.Penialain keterampilan metakognisi dilakukan dengan menggunakan angket sedangkan hasil belajar siswa yang diukur adalah afektif, kognitif dan psikomotorik. Pengumpulan data menggunakan metode: observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji pengaruh yaitu Anakova dan uji per bedaan yaitu uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Authentic Assessment dapat meningkatkan keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa, semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil uji analisis statistik dapat diketahui bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Authentic Assessment memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan metakognisi siswa dengan taraf signifikansi sebesar 0,032 (P < 0,05) dengan rerata pre-test siswa pada kelas eksperimen sebesar 47,80 dan rerata post-test sebesar 57,96 sedangkan untuk kelas kontrol rerata pre-test sebesar 50,98 dan rerata post-test sebesar 52,50. Hasil belajar siswa juga diukur dari aspek kognitif, afektif,dan psikomotorik. Hasil uji Anakova terhadap nilai kognitif siswa menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P < 0,05) dengan makna pemberian model memberikan pengaruh yang sinifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan rerata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 36,41 dan post-test sebesar 75,16, sedangkan kelas kontrol rerata pre-test 36,29 dan post-test sebesar 58,14. Dari hasil uji t-test terhadap nilai afektif siswa menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P < 0,05) dengan makna bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar afektif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol atau hasil belajar afektif antara kelas ekseperimen dan kelas kontrol berbeda. Hasil Uji t-test terhadap aspek psikomotorik menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P < 0,05) dengan makna terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar psikomotorik siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol atau hasil belajar psikomotorik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dengan Authentic Assessment terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76103
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3432]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail