dc.description.abstract | Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada
pengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD yang diajar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan yang diajar
tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Hasil
tersebut diperoleh dari penghitungan uji-t menggunakan SPSS versi 18.00 dengan
taraf signifikansi 5%, dengan data yang dianalisis adalah beda skor hasil belajar
(pre-test – post-test). Penghitungan pada uji-t tersebut menunjukkan bahwa nilai
thitung = 2,992, dan selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel, db = 56, pada taraf
signifikansi 5%, sehingga diperoleh ttabel = 2,0126. Berdasarkan hasil tersebut,
diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (2,992 > 2,0126), sehingga ditolak dan
diterima. Selain dilakukan uji statistik terhadap hasil thitung dan ttabel, dilakukan
juga penghitungan keefektifan relatif (ER). Hasil dari penghitungan tersebut,
diperoleh ER sebesar 31,69.
Saran dalam penelitian ini adalah: 1) guru diharapkan dapat menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match untuk membantu siswa
memahami semua materi pelajaran pada setiap proses pembelajaran, 2) guru harus
tegas dan jelas dalam memberikan instruksi pada setiap aktivitas belajar yang
akan dialami oleh siswa, dan 3) perlu adanya penelitian lebih lanjut untuk
mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth dapat
diterapkan serta memberikan pengaruh yang lebih baik lagi pada hasil belajar
mata pelajaran yang lain. | en_US |