dc.description.abstract | Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK TK Kartika IV/73
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember dengan jumlah anak 19 yang terdiri dari
14 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester
genap tahun pelajaran 20015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi,
dokumentasi, dan tes lisan.
Penerapan media paper quilling dalam meningkatkan kemampuan membaca
anak kelompok B3 di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
tahun pelajaran 2015/2016, yaitu: guru menunjukan dan membaca gambar media
paper quilling yang berisi kalimat sederhana (3 kata) kemudian membagi kalimat
menjadi satuan terkecil kata dan huruf, selanjutnya anak diminta menyebutkan bunyi
huruf dan menunjukkan simbol yang melambangkannya, menyebutkan huruf vokal
dan konsonan, membaca kata dan kalimat.
Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Kelompok B3 melalui Media
Paper Quilling di TK Kartika IV/73 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember
Tahun Pelajaran 2016/2015, pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,80
dan siklus II mencapai nilai 78,95, hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar
kemampuan membaca anak siklus I ke siklus II sebesar 14,15. Saran bagi guru,
hendaknya menerapkan media paper quilling sebagai media alternatif dalam proses
pembelajaran, khususnya dalam meningkatkan kemampuan membaca anak. | en_US |