Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorIRFAN, Muhtadi
dc.contributor.authorGALIH, Chrise Putrining
dc.date.accessioned2016-08-09T04:33:38Z
dc.date.available2016-08-09T04:33:38Z
dc.date.issued2016-08-09
dc.identifier.nimNIM140220101022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76096
dc.description.abstractUji coba lapangan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singojuruh sebanyak empat kali pertemuan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kategori praktis berdasarkan penilaian pengamatan aktivitas guru, aktivitas guru pada pertemuan pertama 83,4% dengan kategori baik, pada pertemuan kedua aktivitas guru 82,8% dengan kategori baik, pada pertemuan ketiga aktivitas guru 86,2% dengan kategori baik, dan pada pertemuan keempat aktivitas guru 86,7% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran dapat dikatakan praktis karena persentase aktivitas guru mencapai 80%. Hasil penilaian THB terdapat 89,7% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75, artinya siswa tersebut sudah memenuhi Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Secara umum persentase siswa yang tuntas dalam menyelesaikan THB adalah 80%. Artinya secara keseluruhan siswa telah tuntas dalam menyelesaikan THB. Dari hasil analisis respon siswa yang memberi respon positif mencapai 93%. Artinya secara umum siswa telah menunjukkan respon siswa terhadap pembelajaran dikatakan baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan, perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kualitas pengembangan yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga perangkat pembelajaran ini dapat dikatakan baik. Sehingga guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140220101022;
dc.subjectMATERI PERBANDINGAN DAN SEGI EMPATen_US
dc.subjectSAINTIFIKen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN DAN SEGI EMPAT PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS POTENSI KEUNGGULAN LOKAL KABUPATEN BANYUWANGIen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record