dc.description.abstract | Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian
ini yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan kegiatan bermain peran untuk meningkatkan
keterampilan sosial anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?; dan 2) Bagaimanakah meningkatkan
keterampilan sosial pada anak kelompok B melalui bermain peran di TK Dharma
Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: 1)
Mendeskripsikan proses kegiatan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan
sosial anak kelompok B di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2015/2016; dan 2) Meningkatkan keterampilan sosial anak
kelompok B melalui bermain peran di TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di TK
Dharma Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Subjek penelitian dalam
penelitian ini adalah anak kelompok B TK Dharma Indria I Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember yang berjumlah 30 anak, yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 15
anak perempuan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif
dan analisis data kualitatif.
Bisa ditarik kesimpulan bahwa penelitian menunjukkan kegiatan bermain
peran dapat meningkatkan keterampilan sosial pada anak kelompok B di TK Dharma
Indria I Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Nilai ratarata
pada pra siklus 60,8, siklus I pertemuan 1 67,5, siklus I pertemuan II 74,3, dan
pada siklus II meningkat menjadi 82,5. | en_US |