Show simple item record

dc.contributor.advisorLATHIF, Misno A.
dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.authorWULANSARI, Andhini
dc.date.accessioned2016-08-09T03:11:31Z
dc.date.available2016-08-09T03:11:31Z
dc.date.issued2016-08-09
dc.identifier.nimNIM120210205056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76066
dc.description.abstractBerdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan media kertas origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016?; dan (2) bagaimanakah peningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 melalui penggunaan media origami di TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan media kertas origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016; (2) untuk meningkatan kemampuan motorik halus anak kelompok B melalui penggunaan media origami di TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian oleh Arikunto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Proses kegiatan menulis dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dilaksanakan dalam 2 siklus. Berdasarkan tindakan yang telah dilakukan, maka kesimpulan hasil yang diperoleh sebagai berikut: (1) Penerapan media kertas origami untuk meningkatkan keterampilan motorik halus dilakukan dengan kegiatan menggunting garis putusputus pada pola, kemudian melipat garis tengah pola dan menempel bagian pola yang berwarna hitam. Siklus I membuat bentuk telepon dan siklus ke II membuat bentuk radio (2) Media kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus sebesar 67, pada siklus I meningkat sebesar 71, dan pada siklus II meningkat menjadi 84. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B1 TK Bina Anaprasa Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Saran: (1) untuk guru; Hendaknya kertas origami bukan hanya digunakan untuk melipat atau menggunting saja, karena sebetulnya kertas origami dapat digunakan untuk meningkatkan motori halus anak terutama menggunting, melipat dan menempel secara bersamaan; (2) untuk kepala sekolah; Hasil penelitian ini dapat diinformasikan kepada guru-guru agar bisa dijadikan variasi dalam pembelajaran yang menggunakan kertas origami untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak; (3) untuk peneliti lain; penelitin ini dapat dijadikan acuan atau refernsi terhadap penelitian yang serupa terutama pada penelitian untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries120210205056;
dc.subjectKEMAMPUAN MOTORIKen_US
dc.subjectMEDIA KERTAS ORIGAMIen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B1 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KERTAS ORIGAMI DI TK BINA ANAPRASA NURUL ISLAM JEMBER TAHUN PELAJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record