dc.description.abstract | Di Play Group Ma’had Allami di Sumber Sari Jember, peneliti melakukan
observasi dan menemukan serta melihat bagaimana kemandirian anak di tempat
tersebut masih kurang bisa mandiri secara emosional dan secara sosial,. Secara
emosional peserta didik masih cenderung berebut mainan dan saling dorong, dan
berebut tempat duduk, namun di lain hal anak suka dengan hafalan hadis dan saling
berlomba untuk maju lebih dahulu, penuh dengan semangat dan percaya diri. Melihat
hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti kemandirian anak yang bervariasai
tersebut. Berdasarkan hal tersebut peneliti merumuskan masalahnya adalah “Adakah
Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Play Group
Ma’had Allami di Sumbersari Jember Tahun 2015-2016?”. Berdasarkan uraian diatas
peneliti bertujuan untuk melakukan penelitian di Play Group Ma’had Allami di
Sumber Sari Jember : ” Untuk mengetahui ada atau tidak adanya Pengaruh Pola Asuh
Orang tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di Play Group Ma’had Allami di
Sumber Sari Jember Tahun 2015-2016 ”. peneliti dalam penelitian ini bisa
bermanfaat bagi Play Group Ma’had Allami sebagai pemacu motivasi dan perbaikan
serta peningkatan kualitas lembaganya, bgai perguruan tinggi bisa menjadi refrensi
tugas akhir dan tugas-tugas lainnya, dan bagi pihak pendidikan luar sekolah
harapannya dana memperkuat teori-teori yang ada, pun bagi peneliti sendiri mendapatkan manfaat ilmu bagaimana mengasuh anak denagan benar. Berdasrkan hal tersebut maka hipotesis kerja penelitian ini adalah Pola Asuh
Orang Tua Bepengaruh Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Play Group
Ma’had Allami Sumber Sari Jember Tahun 2015-2016. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Dalam
penentuan lokasi peelian , peneliti menggunakan purposive sampling dengan jumlah
responden sebanyak 17 orang tua peserta didik. Pengumpulan datanya terdiri dari
data primer menggunakan angket dan data sekunder menggunakan dokumentasi.
Penggunaan analiss data adalah menggunakan korelasi tata jenjang.
Hasil penelitian menunnjukkan hipotesis nihil yang berbunyi pola asuh orang tua
tidak berpengaruh terhadap kemandirian anak, berdasarkan analisis data ternyata nilai
r hitung = - 0,502 sedangkan nilai r tabel N=17 dengan taraf kepercayaan 5%=0,475,
karena nilai r hitung< nilai r tabel, maka hipotesis kerja di tolak, berarti tidak ada
pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian anak.
Berdasarkan hasil analisis perhitungan, hipotesis nihil yang berbunyi pola
asuh orang tua tidak berpengaruh terhadap kemandirian anak diterima, maka
hipotesis kerja yang berbunyi pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian
anak di tolak, berarti tidak ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian
anak di Play Group Ma’had Allami Sumbersari Jember Tahun 2015-2016.
Berdasarkan kesimpulan tersebut di temukan hipotesis di tolak karena beberapa hal,
yaitu konstruksi instrumen yang kurang tepat, kelengkapan data riwayat pendidikan orang tua, dan faktor luar yang mempengaruhi yaitu kesibukan orang tua. Saran
dalam hasil penelitian ini bagi para pembaca skripsi ini, dapat di jadikan bahan acuan
dan refrensi dalam pembahasan pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian
anak., bagi para orang tua peserta didik, hendaknya lebih memperhatikan putra dan
putrinya, meluangkan waktu bersamanya, serta bagi pengelola hendaknya
mempertimbangka kelengkapan riwayat orang tua peserta didik terutama dari segi tingkat pendidikan. | en_US |