Show simple item record

dc.contributor.advisorKusno
dc.contributor.advisorKamsyakawuni
dc.contributor.authorIRWANTO, Jesi
dc.date.accessioned2016-08-09T02:11:15Z
dc.date.available2016-08-09T02:11:15Z
dc.date.issued2016-08-09
dc.identifier.nim141820101001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76045
dc.description.abstractData Kementerian pendidikan dan kebudayaan INDONESIA memperlihatkan nilai ujian nasional tingkat SMP tahun 2013/2014. Data tersebut menjelaskan, nilai ujian nasional pelajaran matematika untuk tahun 2012/2013 hingga tahun 2013/2014 mengalami peningkatan yang relatif rendah. Selain itu, pencapaian kompetensi matematika secara nasional tahun 2013/2014 menunjukan prosentase yang rendah dibandingkan dengan 3 (tiga) mata pelajaran yang diujikan. Untuk provinsi jawa timur dari total peserta ujian nasional tahun 2013/2014, banyak siswa mendapatkan nilai (40-55). Hal ini memperlihatkan bahwa banyak memperoleh nilai di bawah standar, hal ini menunjukan bahwa siswa kurang memahami konsep materi matematika. Data pendukung kurangnya pemahaman siswa terhadap materi matematika dapat dilihat dari 3 (tiga) penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Pertama, Kurniawan (2007) menjelaskan bahwah siswa tidak memahami materi sistem persamaan linier dua variabel dikarenakan tidak memahami konsep yang diberikan guru. Kedua, Setyo (2011) mendapatkan hasil bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis komputer dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep. Ketiga, hasil penelitian Semadiartha (2012) memperlihatkan bahwa dengan pengembangan media pembelajaran berbasis komputer meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa. Konstruksi konsep sistem persamaan linier dua variabel di bidang kartesius dengan batuan sistem GUI Matlab dilakukan melaluhi tahapan sebagai berikut. Pertama, mengkonstruksi konsep posisi garis di bidang kartesius sebagai dasar dalam memahami konsep posisi titik yang terkontrol oleh interval. Kedua, memvisualisasikan posisi titik yang terkontrol oleh interval sebagai dasar memahamkan konsep posisi titik yang terkontrol. Hasil penelitian diperoleh lima konsep visualisasi sistem persamaan linier dua variabel dengan GUI Matlab,en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPersamaan linieren_US
dc.subjectKartesiusen_US
dc.subjectGRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) MATLABen_US
dc.titleKONSTRUKSI KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DI BIDANG KARTESIUS DENGAN BANTUAN SISTEM GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) MATLABen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record