Show simple item record

dc.contributor.advisorMuji
dc.contributor.advisorMujiman Rus Andianto.
dc.contributor.authorMega Putri Cahya
dc.contributor.authorMuji
dc.contributor.authorMujiman Rus Andianto.
dc.date.accessioned2016-08-09T02:00:18Z
dc.date.available2016-08-09T02:00:18Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/76039
dc.description.abstractTindak bahasa adalah salah satu teori pragmatik yang digunakan pada penelitian ini. Tindak bahasa dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, Bahasa yang digunakan manusia dalam tindak berkomunikasi bisa secara langsung dan tidak langsung. Komunikasi secara tidak langsung bisa dikatakan berkomunikasi melalui media. Salah satu media komunikasi yang dapat menjangkau tempat jauh adalah internet yang menggunakan HP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan tindak berbahasa dalam interaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli di online shop lolly sandang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan perekaman. Analisis data yang dilakukan terdiri atas empat proses yaitu penyeleksian data, pemeriksaan data, penglasifikasian data dan pengodean data. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian, dalam penelitian menggunakan alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang yang pertama, jenis tindak bahasa yang meliputi: 1) tindak lokusi, 2) tindak ilokusi, serta 3) tindak perlokusi. Kedua, fungsi tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang terdiri atas : fungsi kompetitif (competitive), fungsi menyenangkan (convivial), fungsi bekerja sama (collaborative), bertentangan (conflictiv). Ketiga, konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan pembeli di Lolly shop pada saat tawar-menawar, seperti dalam keadaan senang, cemas, kecewa, kesal, marah, dan peduli.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectTindak bahasa, penjual dan pembeli, jenis tindak bahasa, fungsi tindak bahasa, konteks sosio-psikologis.en_US
dc.titleTindak Berbahasa dalam Interaksi Tawar-Menawar antara Penjual dan Pembelien_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record