Tindak Berbahasa dalam Interaksi Tawar-Menawar antara Penjual dan Pembeli
View/ Open
Date
2016Author
Mega Putri Cahya
Muji
Mujiman Rus Andianto.
Metadata
Show full item recordAbstract
Tindak bahasa adalah salah satu teori pragmatik yang digunakan pada penelitian ini. Tindak bahasa dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, Bahasa yang digunakan manusia dalam tindak berkomunikasi bisa secara langsung dan tidak langsung. Komunikasi secara tidak langsung bisa dikatakan berkomunikasi melalui media. Salah satu media komunikasi yang dapat menjangkau tempat jauh adalah internet yang menggunakan HP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan tindak berbahasa dalam interaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli di online shop lolly sandang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengamatan, dokumentasi, wawancara, dan perekaman. Analisis data yang dilakukan terdiri atas empat proses yaitu penyeleksian data, pemeriksaan data, penglasifikasian data dan pengodean data. Peneliti sebagai instrumen utama dalam penelitian, dalam penelitian menggunakan alat bantu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang yang pertama, jenis tindak bahasa yang meliputi: 1) tindak lokusi, 2) tindak ilokusi, serta 3) tindak perlokusi. Kedua, fungsi tindak bahasa dalam interaksi tawar-menawar di online shop Lolly sandang terdiri atas : fungsi kompetitif (competitive), fungsi menyenangkan (convivial), fungsi bekerja sama (collaborative), bertentangan (conflictiv). Ketiga, konteks sosio-psikologis yang dialami oleh penjual dan pembeli di Lolly shop pada saat tawar-menawar, seperti dalam keadaan senang, cemas, kecewa, kesal, marah, dan peduli.
Collections
- SRA-Education [1352]