• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TANGGUNG JAWAB BANK TERHADAP PENDEBETAN REKENING AKIBAT TRANSAKSI GAGAL MELALUI ANJUNGAN TUNAI MANDIRI (ATM)

    Thumbnail
    View/Open
    HIMAWAN SUTANTO -1.pdf (1.071Mb)
    Date
    2016-08-08
    Author
    SUTANTO, Himawas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bank merupakan inti dari sistem keuangan setiap negara. Melalui kegiatan perkreditan dan berbagai jasa yang diberikan, bank melayani kebutuhan pembiayaan bagi semua sektor perekonomian. Seiring dengan perkembangan jaman, alat pembayaran terus berkembang. Salah satunya, yakni kartu ATM. Dalam suatu transaksi, telah terjadi sebuah kesalahan sistim dimana pada saat penarikan tunai melaui mesin ATM nasabah mendapati, bahwasanya telah terjadi kegagalan, namun pendebetan tetap saja dilakukan oleh pihak bank. Bank, dituntut untuk bisa memberikan tanggung jawabnya, sehingga nasabah sebagai pengguna jasa tidak dirugikan dalam hal ini. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini ada tiga, yakni, apa perlindungan hukum terhadap nasabah bank yang gagal melakukan transaksi penarikan tunai melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ?, apa tanggung jawab bank terhadap nasabah yang gagal melakukan transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ?, apakah upaya yang dapat dilakukan nasabah bila terjadi kesalahan pendebetan rekening oleh bank dalam transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) ? Tujuan penelitian dalam skripsi ini ada dua, yakni Tujuan Umum dan Tujuan Khusus. Tujuan Umum adalah memenuhi dan melengkapi persyaratan akademis dalam memperoleh gelar Sarjana Hukum sebagaimana kurikulum Fakultas Hukum Universitas Jember, sarana untuk mengembangkan ilmu dan pengetahuan hukum yang telah diperoleh dari perkulihan yang bersifat teoritis dengan praktik yang terjadi di masyarakat dan memberikan konstribusi yang bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember serta almamater. Sedangkan Tujuan Khusus dari penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui dan memahami perlindungan hukum nasabah bank dalam penarikan tunai melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), untuk mengetahui dan memahami tanggung jawab bank terhadap nasabah yang gagal melakukan transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan nasabah bila terjadi kesalahan pendebetan rekening oleh bank dalam transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Metode penelitian dalam penulisan skripsi ini menggunakan tipe penelitian yuridis normatif, dalam tipe ini penelitian menitik beratkan pada pengkajian kaidah-kaidah atau norma dalam hukum positif. Pendekatan masalah menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual dengan bahan hukum primer, sekunder dan bahan non hokum. Analisis bahan hukum skripsi ini bersifat deskriptif. Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran secara rinci dan menyeluruh mengenai segala sesuatu yang berhubungan dalam kasus pendebetan rekening akibat transaksi gagal melalui ATM yang dibahas dalam skripsi ini. Hasil Penelitian dalam skripsi ini pertama, perlindungan hukum terhadap nasabah yang gagal melakukan transaksi melalui ATM terdiri dari 2 bentuk yakni secara preventif dan represif. Kedua, bank wajib untuk bertanggung jawab terhadap setiap kerugian yang dialami oleh nasabah pengguna ATM. Ketiga, upaya yang dapat dilakukan nasabah yang mengalami kerugian adalah dengan melakukan pengaduan kepada pihak bank . Kesimpulan dalam skripsi ini, Pertama, perlindungan hukum nasabah bank dibagi menjadi 2 (dua), yakni perlindungan secara preventif dan represif. Kedua, bentuk tanggung jawab bank terhadap pendebetan rekening akibat transaksi gagal melalui ATM adalah dengan melakukan pengembalian dana yang telah terdebet. Ketiga, upaya yang dapat dilakukan nasabah adalah dengan melakukan pengaduan kepada pihak bank. Saran dalam skripsi ini adalah, pertama, bank seharusnya lebih maksimal dalam upaya penanggulangan resiko terhadap produk dan jasa yang diberikan kepada konsumen. Kedua, nasabah sebaiknya lebih hati-hati dan bijak saat melakukan transaksi. Ketiga, pemerintah sebagai regulator harus tegas dan memberi sanksi kepada bank yang lalai akan kewajibannya
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75982
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6307]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository