Show simple item record

dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.advisorNuriman
dc.contributor.authorRIDZKY, Gema Andica Ainur
dc.date.accessioned2016-08-08T03:46:08Z
dc.date.available2016-08-08T03:46:08Z
dc.date.issued2016-08-08
dc.identifier.nim120210204130
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75961
dc.description.abstractHasil observasi awal pada siswa kelas V di SDN Grenden 01 Jember diketahui bahwa bahwa guru kurang mengikutsertakan siswa dalam proses pembelajaran dan lebih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa kesulitan untuk menguasai materi pelajaran, terasa jenuh untuk menghafalkan materi yang ada dalam catatan karena terlalu banyak dan membosankan sehingga membuat siswa malas untuk membaca. Untuk membantu siswa meningkatkan daya ingat terhadap materi yang telah dicatat, maka dibutuhkan suatu teknik mencatat yang efektif sehingga catatan yang dihasilkan tidak membosankan. Salah satu teknik mencatat yang efektif adalah teknik Mind Mapping (Peta Pikiran). Mind Mapping adalah teknik mencatat yang menggabungkan kerjasama antara otak kanan dan otak kiri dimana mencatat menjadi hal yang menyenangkan, menenangkan dan mampu mengasah kreativitas siswa dengan menggunakan gambar, simbol, bentuk-bentuk, garis, dan warna sehingga akan memudahkan siswa untuk memahami dan mengingat catatancatatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana di SDN Grenden 01 Jember semester genap tahun ajaran 2015/2016 melalui teknik Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V melalui teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana di SDN Grenden 01 Jember semester genap tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grenden 01 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus pertama sebanyak dua kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak dua kali pertemuan. Pelaksanaan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V SDN Grenden 01 Jember berjalan sesuai dengan rencana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus sebesar 58,26% yang termasuk kategori kurang baik, meningkat pada siklus 1 menjadi 68,96% dengan kategori cukup. Siklus II juga mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar secara klasikal menjadi 81,17% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan teknik Mind Mapping pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dapat meningkatalan hasil belajar siswa. Saran dari penelitian ini adalah untuk guru pembelajaran dengan teknik Mind Mapping dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode dalam pembelajaran IPA sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, untuk pihak sekolah teknik Mind Mapping dapat dijadikan salah satu referensi untuk sekolah dalam meningkatkan kualitas mengajar guru disekolah, dan untuk peneliti lain perlu diadakan penelitian dan pengembangan mengenai teknik Mind Mapping agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectTEKNIK MIND MAPPINGen_US
dc.titlePENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA SISWA KELAS V SDN GRENDEN 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2015/2016en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record