• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DALAM TEMA KELUARGA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PERMAINAN MELONCAT BULATAN KATA DI KELAS I SDN KAMAL O3 ARJASA JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Sulismiati - 100210274059_1.pdf (280.5Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Sulismiati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia umumnya dan membaca permulaan khususnya di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan strategi pembelajaran yang monoton sehingga membuat peserta didik kurang menyenangi pelajaran bahasa Indonesia dan akibatnya minat belajar peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN Kamal 03 tahun pelajaran 2011/ 2012 setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan. (2) untuk meningkatkan partisipasi peserta didik kelas 1 SDN Kamal 03 tahun pelajaran 2011/ 2012 dalam kemampuan membaca permulaan melalui penerapan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kamal 03 kelas 1 yang berjumlah 40 peserta didik terdiri dari 20 anak laki- laki dan 20 anak perempuan. Peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok yang hiterogen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes pengambilan data subjek dilakukan tanggal 07 Maret 2012 sampai dengan 16 Maret 2012 dengan subjek penelitian peserta didik kelas 1 SDN Kamal 03 Arjasa tahun pelajaran 2012/ 2012. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas peserta didik, aktivitas guru dan tes individu selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes individu adalah pada siklus 1 persentase aktivitas yang diperoleh peserta didik adalah sebesar 63,77% dan 94,95% pada siklus 2. Dari tes individu yang diperoleh peserta didik pada siklus 1 sebesar 62,5% dan 82,5% pada siklus 2. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peserta didik mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi membaca permulaan dengan strategi permainan serta dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang peserta didik untuk lebih berani bertanya dan mengungkapkan pendapat. Memotivasi peserta didik untuk meningkatkan hasil belajarnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7595
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository