dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan RPP dan LKS yang berbasis scientific approach dengan orientasi inquiry learning pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (development research) menggunakan model Plomp. Tahapan proses pengembangan model Plomp yaitu fase investigasi awal (preeliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi, dan revisi (tes, evaluation, and revision), dan fase implementasi. Produk dari penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran, koefisien validitas RPP sebesar adalah 0,95, koefisien validitas LKS adalah 0,95 Berdasarkan penilaian pengamat aktivitas guru, pada pertemuan pertama sampai keempat aktivitas guru adalah 91,67%, 88,89%, 90,28%, 94,44% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa, diperoleh presentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai keempat sebesar 88,54%, 86,92%, 82,75%, 84,38% dengan kategori baik pada tiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar 83% siswa mencapai skor ≥68 (KKM sekolah). Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 88,15% siswa yang memberikan respon positif. Berdasarkan hasil proses validasi dan uji coba perangkat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran telah sesuai dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. | en_US |