Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorSusanto
dc.contributor.authorKhoirotul Alfi Syahrinawati
dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorSusanto
dc.date.accessioned2016-08-08T02:48:24Z
dc.date.available2016-08-08T02:48:24Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75934
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan RPP dan LKS yang berbasis scientific approach dengan orientasi inquiry learning pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (development research) menggunakan model Plomp. Tahapan proses pengembangan model Plomp yaitu fase investigasi awal (preeliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi, dan revisi (tes, evaluation, and revision), dan fase implementasi. Produk dari penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran, koefisien validitas RPP sebesar adalah 0,95, koefisien validitas LKS adalah 0,95 Berdasarkan penilaian pengamat aktivitas guru, pada pertemuan pertama sampai keempat aktivitas guru adalah 91,67%, 88,89%, 90,28%, 94,44% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa, diperoleh presentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai keempat sebesar 88,54%, 86,92%, 82,75%, 84,38% dengan kategori baik pada tiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar 83% siswa mencapai skor ≥68 (KKM sekolah). Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 88,15% siswa yang memberikan respon positif. Berdasarkan hasil proses validasi dan uji coba perangkat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran telah sesuai dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel pengembangan Plomp, Scientific Approach, inquiry learning.en_US
dc.titlePengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Scientific Approach Berorientasi Inquiry Learning Pada Pokok Bahasan Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMPen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record