• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Scientific Approach Berorientasi Inquiry Learning Pada Pokok Bahasan Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    KHOIROTUL ALFI SYAHRINAWATI.odt (307.2Kb)
    Date
    2016
    Author
    Khoirotul Alfi Syahrinawati
    Hobri
    Susanto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan RPP dan LKS yang berbasis scientific approach dengan orientasi inquiry learning pada materi perbandingan untuk siswa kelas VII SMP yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (development research) menggunakan model Plomp. Tahapan proses pengembangan model Plomp yaitu fase investigasi awal (preeliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi, dan revisi (tes, evaluation, and revision), dan fase implementasi. Produk dari penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Jenggawah tahun ajaran 2015-2016. Berdasarkan hasil analisis kevalidan perangkat pembelajaran, koefisien validitas RPP sebesar adalah 0,95, koefisien validitas LKS adalah 0,95 Berdasarkan penilaian pengamat aktivitas guru, pada pertemuan pertama sampai keempat aktivitas guru adalah 91,67%, 88,89%, 90,28%, 94,44% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa, diperoleh presentase aktivitas siswa pada pertemuan pertama sampai keempat sebesar 88,54%, 86,92%, 82,75%, 84,38% dengan kategori baik pada tiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data tes hasil belajar 83% siswa mencapai skor ≥68 (KKM sekolah). Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa diperoleh presentase sebesar 88,15% siswa yang memberikan respon positif. Berdasarkan hasil proses validasi dan uji coba perangkat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran telah sesuai dengan kriteria valid, praktis, dan efektif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75934
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository