Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDAYATI, Endang Sri
dc.contributor.advisorHUSNIAH, Furoidatul
dc.contributor.authorNUSUR, Mohamad
dc.date.accessioned2016-08-05T01:14:04Z
dc.date.available2016-08-05T01:14:04Z
dc.date.issued2016-08-05
dc.identifier.nimNIM090210402080
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75757
dc.description.abstractKesimpulan hasil penelitian ini adalah kesatu, diksi yang digunakan dalam kumpulan puisi AIJP adalah diksi yang lugas, jelas, sederhana, mudah dipahami, menggunakan bahasa sehari-hari, terdapat pada judul puisi, dan terkait bidang politik. Kedua, majas yang terdapat dalam kumpulan puisi AIJP yakni majas metafora, majas perbandingan, majas personifikasi, majas hiperbola, dan majas ironi. Ketiga, tipografi yang terdapat dalam kumpulan puisi AIJP adalah lurus dan semikonsisten. Keempat, kritik sosial yang terdapat dalam kumpulan puisi AIJP ialah kritik sosial terhadap politik pemilu, kebijakan pemerintah, kondisi ekonomi masyarakat, dan sosial masyarakat. Saran yang diberikan: (1) bagi guru bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai masukan dalam pembelajaran Apresiasi Puisi di Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah Peminatan Bahasa Indonesia, terutama kompetensi dasar (KD): 4.5 Mendiskusikan isi puisi yang bertema sosial, budaya, dan kemanusian. Hasil penelitian resepsi mahasiswa PBSI ini dapat digunakan sebagai bahan dalam pembelajaran siswa untuk mengaplikasikan mendiskusikan isi puisi; (2) Saran bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan tentang penelitian resepsi pembaca secara diakronis yang tidak dibahas dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries090210402080;
dc.subjectRESEPSI MAHASISWA PBSIen_US
dc.subjectPUISI AKU INGIN JADI PELURUen_US
dc.titleRESEPSI MAHASISWA PBSI TERHADAP KUMPULAN PUISI AKU INGIN JADI PELURU KARYA WIJI THUKULen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record