Show simple item record

dc.contributor.advisorTitik Sugiarti
dc.contributor.advisorNanik Yuliati
dc.contributor.authorIndah Purnaningsih
dc.contributor.authorTitik Sugiarti
dc.contributor.authorNanik Yuliati
dc.date.accessioned2016-08-04T01:52:46Z
dc.date.available2016-08-04T01:52:46Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75697
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model Problem Based Learning. Hal ini dikarenakan di SDN Gebang 01 Jember terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena guru belum pernah melibatkan siswa dalam memecahkan soal melalui penyelidikan, sehingga siswa kurang memahami konsep secara matang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 44 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas tiga pertemuan dan siklus 2 terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember mengalami peningkatan. Pada siklus 1, persentase aktivitas siswa sebesar 63,3% mengalami peningkatan sebesar 8% menjadi 71,3% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57% mengalami peningkatan sebesar 13% menjadi 70% pada siklus 2. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectmodel Problem Based Learning, aktivitas belajar, hasil belajaren_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Jarak, Waktu, dan Kecepatan Siswa Kelas V SDN Gebang 01 Jemberen_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record