Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Jarak, Waktu, dan Kecepatan Siswa Kelas V SDN Gebang 01 Jember
View/ Open
Date
2016Author
Indah Purnaningsih
Titik Sugiarti
Nanik Yuliati
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 01 Jember dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan model Problem Based Learning. Hal ini dikarenakan di SDN Gebang 01 Jember terdapat permasalahan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah, yang salah satunya diakibatkan karena guru belum pernah melibatkan siswa dalam memecahkan soal melalui penyelidikan, sehingga siswa kurang memahami konsep secara matang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri atas 44 siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dengan menerapkan model Problem Based Learning ini adalah sebanyak dua siklus. Siklus 1 terdiri atas tiga pertemuan dan siklus 2 terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember mengalami peningkatan. Pada siklus 1, persentase aktivitas siswa sebesar 63,3% mengalami peningkatan sebesar 8% menjadi 71,3% pada siklus 2. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari perolehan persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 57% mengalami peningkatan sebesar 13% menjadi 70% pada siklus 2. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gebang 01 Jember.
Collections
- SRA-Education [1352]