• Login
    View Item 
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    •   Home
    • DIPLOMA PROGRAMME PRACTICE REPORT (Laporan Diploma)
    • DP-Travel Agent
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN PRAMUSAJI DI RESTORAN MULIA RESTO PADA BINTANG MULIA HOTEL & RESTO JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Charla Evagelista Ardy - 120903102012 -1.pdf (5.143Mb)
    Date
    2016-08-04
    Author
    Ardy, Charla Evagelista
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata termasuk industri jasa, yang mempunyai fasilitas-fasilitas serta layanan seperti transportasi, asuransi keamanan, makanan dan minuman dan yang tidak kalah pentingnya fasilitas yang dibutuhkan wisatawan untuk beristirahat setelah berwisata lebih dari 1 hari yaitu penginapan atau akomodasi. Akomodasi adalah tempat bagi seseorang untuk tinggal sementara. Akomodasi yang terkait dengan dunia pariwisata adalah hotel. Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial. Tujuan dari praktek kerja ini adalah ingin mempelajari dan mengetahui cara kerja di dunia perhotelan khususnya di bagian food and beverage department. Departemen food and beverage service yang ada di Bintang Mulia Hotel & Resto Jember terdapat waiters/waitress yang bertugas melayani segala sesuatu yang diinginkan para tamu dalam hal makan dan minum. Peran food and beverage department sangat penting dalam penunjang keberhasilan hotel. Pelayanan food and beverage terlihat sejak pelayanan breakfast, lunch dan dinner. Semua tugas dikerjakan langsung oleh pramusaji mulai menset-up meja, take order, menyiapakan makanan dan minuman yang dipesan, penyajian makanan dan minuman sesuai yang dipesan tamu hingga clear-up. Cita rasa makanan juga menjadi kualitas untuk menarik tamu untuk datang kembali. Seorang waiters/waitress juga memiliki tugas dan tanggung jawab agar tamu terkesan terhadap restoran dan waiters/waitress mulai tamu datang sampai tamu meninggalkan restoran. Waiters/waitress harus selalu mengucapkan salam kepada tamu yang datang dengan sopan dan ramah, mengantarkan tamu hingga ke meja yang diingikan serta menjamu tamu dengan merekomendasikan menu yang menjadi menu andalan restoran hotel. Waiters/waitress juga harus memberikan pelayanan dengan cekatan sesuai dengan standart pelayanan yang ada. Setelah tamu selesai makan tunjukkan guest bill jika tamu meminta dan ketika tamu ingin meninggalkan restoran ucapkan terima kasih dan mengundang kembali tamu untuk datang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75679
    Collections
    • DP-Travel Agent [261]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository