PERAN PRAMUSAJI DI RESTORAN MULIA RESTO PADA BINTANG MULIA HOTEL & RESTO JEMBER
Abstract
Pariwisata termasuk industri jasa, yang mempunyai fasilitas-fasilitas serta layanan seperti transportasi, asuransi keamanan, makanan dan minuman dan yang tidak kalah pentingnya fasilitas yang dibutuhkan wisatawan untuk beristirahat setelah berwisata lebih dari 1 hari yaitu penginapan atau akomodasi. Akomodasi adalah tempat bagi seseorang untuk tinggal sementara. Akomodasi yang terkait dengan dunia pariwisata adalah hotel. Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa penunjang lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial. Tujuan dari praktek kerja ini adalah ingin mempelajari dan mengetahui cara kerja di dunia perhotelan khususnya di bagian food and beverage department.
Departemen food and beverage service yang ada di Bintang Mulia Hotel & Resto Jember terdapat waiters/waitress yang bertugas melayani segala sesuatu yang diinginkan para tamu dalam hal makan dan minum. Peran food and beverage department sangat penting dalam penunjang keberhasilan hotel. Pelayanan food and beverage terlihat sejak pelayanan breakfast, lunch dan dinner. Semua tugas dikerjakan langsung oleh pramusaji mulai menset-up meja, take order, menyiapakan makanan dan minuman yang dipesan, penyajian makanan dan minuman sesuai yang dipesan tamu hingga clear-up. Cita rasa makanan juga menjadi kualitas untuk menarik tamu untuk datang kembali.
Seorang waiters/waitress juga memiliki tugas dan tanggung jawab agar tamu terkesan terhadap restoran dan waiters/waitress mulai tamu datang sampai tamu meninggalkan restoran. Waiters/waitress harus selalu mengucapkan salam kepada tamu yang datang dengan sopan dan ramah, mengantarkan tamu hingga ke meja yang diingikan serta menjamu tamu dengan merekomendasikan menu yang
menjadi menu andalan restoran hotel. Waiters/waitress juga harus memberikan pelayanan dengan cekatan sesuai dengan standart pelayanan yang ada. Setelah tamu selesai makan tunjukkan guest bill jika tamu meminta dan ketika tamu ingin meninggalkan restoran ucapkan terima kasih dan mengundang kembali tamu untuk datang.
Collections
- DP-Travel Agent [250]