dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas 1 cawu I SLTP Negeri 2 Mojoagung Jombang tahun ajaran 2001/2002. Dan dasar pandangan teori yang mendukung, maka dapat digunakan sebagai landasan untuk merumuskan hipotesis kerja (Ha), yaitu : "Ada hubungan antara kemampuan membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas 1 cawu I SLTP Negeri 2 Mojoagung Jombang tahun ajaran 2001/2002". Selanjutnya untuk mencapai tujuan penelitian serta untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan, langkah yang cliambil adalah dengan merigumpulkan data dengan metode interviu, metode tes dan metode angket yang dilakukan di SLTP Negeri 2 Mojoagung Jombang tahun ajaran 2001/2002. Berdasarkan analisis data statistik, terbukti bahwa hasil penelitian adalah signifikan karena diperoleh harga rxy sebesar 0,752. hasil tersebut kemudian di konsultasikan dengan nilai r product moment dengan rt 1% = 0,256 dan atau rt 5% = 0,195 dengan N=122, sehingga basil dad perbandingan adalah rxy > rt 1% dan atau rt 5% yang berarti signifikan atau ada hubungan antara kemampuan membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas 1 cawu I SLTP Negeri 2 Mojoagung Jombang tahun ajaran 2001/2002. Tingkat hubungan dua variabel tersebut cukup. Selanjutnya dapat dikatakan bahwa kemampuan membaca sangat penting dalam menentukan keberhasilan siswa untuk meningkatkan prestasinya. Karena membaca adalah .kunci utama dalam mempelajari segala hal. | en_US |