dc.description.abstract | Aktivitas belajar anak di kelas perlu dioptirnalkan, untuk itu keterlibatan orang tua dalam membantu proses belajar anak sangat diperlukan. Keterlibatan orang tua dalam proses belajar dapat berupa pemenuhan fasilitas belajar, bimbingan, dan motivasi belajar serta jalinan komunikasi dengan pihak sekolah sehingga, anak dapat belajar dengan optimal tanpa ada sesuatu permasalahan. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 10 juni - 4 juli 2001. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui adakah dan seberapa besar pengaruh keterlibatan orang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di kelas 1 SLTP 01 Islam Jember Tahun Ajaran 2001. Hipotesis yang di ajukan ada pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di kelas I SLTP 01 Islam Jember Tahun Ajaran 2001. Responden peneltian seluruh siswa kelas 1 SLTP 01 Islam Jember Tahun 2001yang berjumlah 35 siswa. Data dikoleksi dengan metode angket sebagai metode utama sedangkan metode observasi dan interviu sebagai metode pelengkap. Analisis data yang digunakan analisis statistik yaitu analisis regresi, hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien F reg diperoleh sebesar 7,655 dengan memperhatikan derajat kebebasan (d1?) 1/34 dan tingkat signifikan yang ditetapkan 5 % diperoleh angka 4,13 yang berarti F reg > dari F tabel 5%; Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan keterlibatan orang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak pada mata pelajaran ekonomi di kelas 1 SLTP 01 Islam Jember Tahun Ajaran 2001 dengan tingkat keterlibatan or ang tua dalam proses belajar terhadap aktivitas belajar anak di kelas sebesar 43,4 °'o, artinya semakin tinggi tingkat keterlibatan orang tua dalam proses belajar, maka aktivitas belajar anak di kelas akan semakin baik. | en_US |