Show simple item record

dc.contributor.authorYunita Dwi Puspitasari
dc.date.accessioned2013-07-30T02:25:53Z
dc.date.available2013-07-30T02:25:53Z
dc.date.issued2013-07-30
dc.identifier.nimNIM070210391131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/753
dc.description.abstractHasil belajar yang diperoleh siswa dipengaruhi oleh metode pembelajaran dan motivasi belajar siswa. Pemilihan metode pembelajaran yang kurang bervariasi dapat menyebabkan motivasi belajar siswa menjadi rendah, sehingga akan berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang maksimal. Oleh sebab itu, guru perlu memilih metode pembelajaran yang sesuai, sehingga motivasi sekaligus hasil belajar siswa bisa lebih maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Metode Pemberian Tugas disertai dengan Pemberian Feedback (Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Standar Kompetensi Penyimpangan Sosial Siswa Kelas VIII C di SMPN 5 Bondowoso Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012). Apakah motivasi belajar siswa dapat meningkat selama Penerapan Metode Pemberian Tugas disertai dengan Pemberian Feedback (Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Standar Kompetensi Penyimpangan Sosial Siswa Kelas VIII C di SMPN 5 Bondowoso Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012). Apakah hasil belajar siswa meningkat melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas disertai dengan Pemberian Feedback (Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Standar Kompetensi Penyimpangan Sosial Siswa Kelas VIII C di SMPN 5 Bondowoso Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pemberian tugas yang disertai dengan pemberian feedback, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pemberian tugas yang disertai dengan pemberian feedback adalah metode pemberian tugas yang dilaksanakan secara berkelompok kemudian diberikan feedback yang berupa lembar pembahasan yang berisi kelebihan, kekurangan, kunci jawaban dan nilai yang diperoleh siswa. Motivasi belajar siswa diukur dalam penelitian ini adalah minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran, semangat siswa untuk melaksanakan tugas-tugas belajarnya, tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya, rasa senang dalam mengerjakan tugas dari guru, dan reaksi yang ditunjukkan siswa terhadap stimulus yang diberikan guru. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah perolehan nilai dari ulangan harian siswa. Penentuan tempat penelitian menggunakan metode purposive area, yaitu pada kelas VIIIC di SMP Negeri 5 Bondowoso. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar tersebut dapat dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 3,22 dan pada siklus II mendapat skor rata-rata 3,78. Peningkatan pada hasil belajar juga menjadi baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata 63,33% pada siklus I dan pencapaian ketuntasan 86,67% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran dengan metode pemberian tugas disertai dengan pemberian feedback pada mata pelajaran IPS semester ganjil di SMP Negeri 5 Bondowoso tahun ajaran 2011/2012 pada standar kompetensi penyimpangan sosial telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya, penerapan pembelajaran dengan metode tugas yang disertai dengan pemberian feedback dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIC di SMP Negeri 5 Bondowoso pada standar kompetensi penyimpangan sosial, dan penerapan pembelajaran dengan metode tugas yang disertai dengan pemberian feedback dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC di SMP Negeri 5 Bondowoso pada standar kompetensi penyimpangan sosial.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210391131;
dc.subjectMOTIVASI, HASIL BELAJARen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DISERTAI PEMBERIAN FEEDBACK (Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Standar Kompetensi Penyimpangan Sosial Siswa Kelas VIII C di SMPN 5 Bondowoso Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record