Show simple item record

dc.contributor.authorHaryono, Akhmad
dc.date.accessioned2016-06-30T05:16:46Z
dc.date.available2016-06-30T05:16:46Z
dc.date.issued2016-06-30
dc.identifier.isbn978-602-9030-91-4
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75278
dc.description.abstractEtnografi Komunikasi sebagai salah satu cabang ilmu linguistik yang masih relatif baru, merupakan ilmu interdisipliner yang menggabungkan antara disiplin linguistik dan antropologi. Etnografi komunikasi melengkapi kehadiran cabang-cabang linguistik yang lain seperti, Pragmatik, semantik, sintaksis, morfologi, dan fonologi. Kini di berbagai perguruan tinggi, khususnya pada jurursan-jurusan ilmu humaiora, disiplin iilmu etnografi komunikasi mulai diminati bahkan sudah menjadi mata kuliah yang ditawarkan kepada mahasiswa yang mendalami ilmu linguistik dan juga ilmu komunikasi. Hal ini seiring dengan situasi dan kondisi wilayah Indonesia yang multietnik. Oleh karena itu, penelitian-penelitian yang berkaitan dengan etnik, bahasa, dan budayanya tentu semakin menarik perhatian para ilmuwan. Kontribusi penelitian etnografi komunikasi semakin nyata dalam menyelesaikan persoalan-persoalan / konflik-konflik intra- dan antaretnik di masyarakat yang disebabkan kegagalan komunikasi. Selain itu, kajian Etnografi Komunikasi dapat sebagai alternatif upaya pemertahanan bahasa-bahasa etnik yang semakin hari terancam kepunahannya. Secara teoritis penelitian etnografi komunikasi telah membantu memperkaya teori-teori etnografi komunikasi, ilmu linguistik, dan ilmu komunikasi. Buku ini disusun karena keprihatinan penulis terhadap keterbatasan bahan ajar dan bacaan yang berkaitan dengan pernik-pernik bahasa dan budaya yang merupakan bagian etnografi komunikasi. Buku ajar etnografi komunikasi ini diharapkan memperkaya bahan ajar dan bacaan di kalangan mahasiswa dan generasi muda dalam mengarungi cita-citanya. Buku yang terdiri atas tujuh bab ini memuat konsep-konsep, metode penelitian, dan contoh penelitian pola komunikasi. Semoga dapat dipahami agar dapat menjadi pegangan baik dalam menunjang keilmuan, maupun menyelesaikan persoalan-persoalan kebahasaan yang sering terjadi di masyarakat. Buku ini memiliki paling tidak dua tujuan pokok, yaitu: (1) memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar ilmu etnografi komunikasi yang didasarkan pada hasil penelitian-penelitian dalam negeri dan teoriteori yang dikemukakan oleh para ilmuwan dalam dan luar negeri; dan (2) memberikan bekal pengetahun teoritis dan praktis bagi pembelajar/mahasiswa untuk melakukan penelitian etnografi komunikasi, khususnya para mahasiswa yang menekuni disiplin ilmu etnografi komunikasi dan disiplin keilmuan lain yang berdekatan dan saling menunjang seperti sosiolinguistik, prakmatik, dan ilmu komunikasi. Oleh karena itu, konsep-konsep etnografi komunikasi, prosedur dan langkah-langkah penelitian disusun dan diskusikan secara berimbang. Untuk mempermudah daya cerna pembelajar/mahasiswa terhadap teoriteori dan aplikasinya, dalam buku ini juga disajikan contoh-contoh yang relevan. Pertimbangan lain penambahan penekanan pada` kegiatan praktek penelitian, juga sebagai jawaban adanya kenyataan bahwa beberapa perguruan tinggi sudah mencanangkan dirinya sebagai universitas riset, sementara kini mahasiswa masih dijejali materi kuliah yang hanya berfokus pada teori dan masih kurang dibekali pengetahuan praktis tentang langkah-langkah dan prosedur kegiatan penelitian. Buku ini disusun dengan sistematika sebagai berikut: Bab 1 memaparkan tentang pentingnya bahasa sebagai alat komunikasi, Karakteristik lokasi penelitian beserta kontribusi buku ini; Bab 2 menjelaskan tentang konsepkonsep dan teori serta sejarah singkat etnografi komunikasi; Bab 3 memaparkan prinsip kerjasama dan kesantunan, serta kode dan alih kode bagian dari pola dan strategi komunikasi; Bab 4 memaparkan tentang konteks tuturan mencakup masyarakat tutur, peristiwa tutur, dan tindak tutur; Bab 5 menjelaskan tentang desain dan metode penelitian etnografi komunikasi; Bab 6 menyajikan contoh penyajian dan analisis data dalam penelitian etnografi komunikasi; Bab 7 menjelaskan tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pola komunikasi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectEtnografi Komunikasien_US
dc.subjectKonsep Komunikasien_US
dc.subjectMetode Komunikasien_US
dc.subjectPola Komunikasien_US
dc.titleETNOGRAFI KOMUNIKASI: Konsep, Metode, dan Contoh Penelitian Pola Komunikasien_US
dc.typeBooken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record