Show simple item record

dc.contributor.advisorAgus Abdul Gani
dc.contributor.advisorYushardi
dc.contributor.authorFaya Riyaningsih
dc.contributor.authorYushardi
dc.contributor.authorAgus Abdul Gani
dc.date.accessioned2016-06-27T02:43:41Z
dc.date.available2016-06-27T02:43:41Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/75081
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model problem based learning melalui gambar disertai teknik concept mapping terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Fisika) di MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII di MTs Negeri Jember 1 dan sampelnya adalah siswa kelas VII B sebagai  kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi tes, observasi di sekolah, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisa data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil aktivitas belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed)  adalah 0.000. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000, (2) hasil  belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed)  adalah 0.000. Pengujian hipotesi yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model problem based learning melalui gambar disertai teknik concept mapping berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Fisika) di MTs.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectModel problem based learning, teknik concept mapping, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GAMBAR DISERTAI TEKNIK CONCEPT MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) DI Mts (Studi pada Kelas VII MTs Negeri Jember 1)en_US
dc.typeStudent Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [1352]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record