PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GAMBAR DISERTAI TEKNIK CONCEPT MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA (FISIKA) DI Mts (Studi pada Kelas VII MTs Negeri Jember 1)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model problem based learning melalui gambar disertai teknik concept mapping terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Fisika) di MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VII di MTs Negeri Jember 1 dan sampelnya adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data meliputi tes, observasi di sekolah, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Metode analisa data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil aktivitas belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0.000. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000, (2) hasil belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh nilai sig (2-tailed) adalah 0.000. Pengujian hipotesi yang digunakan adalah pengujian hipotesis pihak kanan, sehingga nilai signifikansi (2-tailed) dibagi 2 dan diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0.000. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model problem based learning melalui gambar disertai teknik concept mapping berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA (Fisika) di MTs.
Collections
- SRA-Education [1352]