PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN, INTENSI, DAN SICK ROLE BEHAVIOURPADA PASIEN KATARAK DENGAN PENDEKATANMODEL THEORY OF PLANNED BEHAVIOUR AJZEN
Abstract
Perilaku peran sakit memainkan peran penting untuk pengobatan katarak pada pasien dengan katarak.
Masalah obat-obatan dan psikososial yang idak masuk akal timbul sebagai akibat dari katarak membuat
pasien menghindari perawatan medis. Dengan demikian, psikoedukasi sangat diperlukan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi pada sick role behaviour pada pasien
katarak berdasarkan Teori Ajzen tentang Rencana Perilaku. Penelitian ini menggunakan desain quasi
experiment pre dan post test control group dengan menggunakan teknik simple random sampling yang
diperoleh 10 subjek pada kelompok perlakuan dan 10 subyek dalam kelompok kontrol. Variabel
independen adalah psikoedukasi dan variabel dependen adalah pengetahuan, niat, dan perilaku peran
sakit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang signifikan dari psikoedukasi pada
pengetahuan pasien dengan katarak, 2) ada pengaruh yang signifikan dari psikoedukasi terhadap niat
pasien dengan katarak, 3) ada pengaruh yang signifikan dari psikoedukasi terhadap perilaku peran sakit
pada pasien dengan katarak. Psikoedukasi bisa meningkatkan pengetahuan sehingga akan meningkatkan
niat untuk menjalankan perilaku peran sakit pada pasien dengan katarak. Rekomendasi yang dapat
disampaikan adalah: 1) hasil penelitian dapat digunakan sebagai intervensi dalam pengelolaan perilaku
peran sakit pada pasien katarak, 2) pengetahuan perawat perlu ditingkatkan melalui pendidikan dan
pelatihan, 3) penelitian lain perlu dikembangkan dengan menggunakan intervensi lainnya.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7299]