Show simple item record

dc.contributor.advisorWidodo, Joko
dc.contributor.advisorWahyuni, Sri
dc.contributor.authorRAKHMAH, Silvia Miftakhur
dc.date.accessioned2016-06-17T03:30:38Z
dc.date.available2016-06-17T03:30:38Z
dc.date.issued2016-06-17
dc.identifier.nim090210301078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74867
dc.description.abstractPada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi minat menabung pada seseorang, diantaranya yaitu persepsi yang dimiliki oleh seseorang terhadap suatu perbankan. Seseorang yang sudah memperoleh pengetahuan tentang perbankan akan mencari segala informasi tentang perbankan tersebut, kemudian mereka akan memutuskan apakah perbankan tersebut sesuai dengan keinginannya atau tidak. Begitu halnya pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012, adanya persepsi yang mereka miliki terhadap Bank Syariah membuat mereka memiliki berminat untuk menabung di Perbankan Syariah. Sesuai dengan permasalahan yang ada, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah (studi kasus pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012 FKIP Universitas Jember). Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan variabel persepsi mahasiswa tentang Bank Syariah terhadap minat menabung di Perbankan Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jember. Untuk penentuan responden menggunakan metode Proporsional Random Sampling yaitu sebanyak 66 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2011 dan 2012. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang akan digunakan yaitu analisis inferensial (yang terdiri: analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, efektifitas garis regresi, dan Standart Error Of Estimate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi mahasiswa tentang Bank Syariah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat menabung di Perbankan Syariah. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F yaitu Fhitung = 223,335 > Ftabel = 3,991 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. dan koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 77,7%. sedangkan sisanya yaitu 22,3% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dimana seorang mahasiswa yang memiliki persepsi yang positif dan baik terhadap Bank Syariah, maka mahasiswa tersebut akan memiliki keinginan/minat untuk menabung pada Bank Syariah tersebut. Sebaliknya, jika persepsi yang dimiliki oleh mahasiswa tertang Bank Syariah negatif/buruk, maka keinginan mahasiswa untuk menabung juga akan kecil. Adapun saran yang dapat diberikan yaitu, bagi pihak Perbankan Syariah Jember, untuk terus meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan serta pelayanannya, sehingga lebih banyak menarik masyarakat untuk menjadi nasabah pada Bank Syariah tersebut. Sedangkan bagi peneliti lain, untuk ikut mempertimbangkan sumbangan pengaruh variabel bebas lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectBank Syariahen_US
dc.subjectMenabungen_US
dc.titlePENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG BANK SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 dan 2012 FKIP Universitas Jember)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record