Show simple item record

dc.contributor.advisorWidodo, Joko
dc.contributor.authorHUDA, Nuril
dc.date.accessioned2016-06-17T02:31:50Z
dc.date.available2016-06-17T02:31:50Z
dc.date.issued2016-06-17
dc.identifier.nim090210301097
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74857
dc.description.abstractMenurut UU No.20 tahun 2003 pasal 3 tentang sistem pendidikan nasional menyatakan bahwa “pendididkan nasional berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban dan bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa”. Sejalan dengan peraturan tersebut salah satu jalur pendidikan yang dikembangkan untuk meningkatkan potensi peserta didik menjadi manusia berilmu mandiri, kreatif dan cakap adalah melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sekolah menengah kejuruan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertanggung jawab untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan keahlian. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan siswa terutama mengenai pengetahuan tentang kewirausahaan adalah melalui pemberian mata pelajaran kewirausahaan di sekolah. Fungsi materi kewirausahaan adalah memberikan pengetahuan dasar dalam berwirausaha bagi siswa, sehingga nantinya akan mempunyai bekal untuk menghadapi tantangan kerja setelah mereka lulus dari sekolah. Seseorang yang memiliki sikap mental wirausaha tidak suka menggantungkan hidupnya pada orang lain mereka selalu berpikir kreatif dan inovatif untuk mengoptimalkan sumber daya alam. Sikap mental kewirausahaan perlu ditanamkan kepada generasi muda yaitu khususnya pelajar. Sikap kewirausahaan tidak akan timbul begitu saja, tetapi harus di tanamkan sejak dini, baik melalui pendidikan kewirausahaan yang didapat disekolah maupun diluar sekolah, Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Sikap Mental Wiraswasta (Studi Kasus SMK Negeri Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2014/2015) Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Responden yang digunakan sebagai objek penelitian sebanyak 80 orang.. Penetuan lokasi penelitian menggunakan purposive area, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode proportional random sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial yaitu dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian dengan analisis koefisien determinasi diperoleh angka Rsquare sebesar 0,770 menunjukkan bahwa pengaruh hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap sikap mental wiraswasta sebesar 77%, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa variable hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap sikap mental wiraswasta diterima, dengan demikian tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari variable hasil belajar mata pelajaran kewirausahaan terhadap sikap mental wiraswasta (studi kasus siswa kelas X SMK Negeri Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2014/2015 ) terpenuhien_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPengaruh hasil belajaren_US
dc.subjectSikap Mental Wirasastaen_US
dc.titlePENGARUH HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP MENTAL WIRASWASTA (Studi Kasus Siswa Kelas X SMK Negeri Kalibaru Banyuwangi Tahun Ajaran 2014/2015)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record