Show simple item record

dc.contributor.authorSETYO SUTAMI
dc.date.accessioned2013-12-10T05:28:25Z
dc.date.available2013-12-10T05:28:25Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM100210274042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7443
dc.description.abstractPembelajaran yang nampak di SDN Jember Lor 03 memang belum sesuai dengan harapan. Berdasarkan pengalaman belajar, hasil pembelajaran IPS di kelas IVA ternyata nilainya rendah yaitu dengan nilai ketuntasan klasikal 65,79%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran IPS di kelas kebanyakan masih menggunakan paradigma yang lama dimana guru memberikan pengetahuan kepada semua siswa dan juga pengaruh sumber daya manusia siswa sendiri yang kurang begitu baik. Guru mengajar dengan metode konvensional yaitu metode ceramah dan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hafal tanpa adanya kegiatan dalam pembelajaran IPS dan guru juga jarang memberikan LKS. Keadaan ini diperparah dengan seringnya guru meninggalkan siswa saat pembelajaran berlangsung untuk mengikuti rapat dan pelatihan di dalam kota maupun di luar kota, sehingga daya dukung siswa sangat rendah. Dari data diatas, maka peneliti memberikan solusi dengan penerapan pendekatan inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena penerapan pendekatan inquiry melalui metode ceramah, tanya jawab, penugasan, karyawisata dan diskusi kelompok dapat memberikan kondisi belajar yang menyenangkan, meningkatkan ketrampilan sosial, meningkatkan kreativitas dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan melalui kegiatan karyawisata dan diskusi kelompok serta yang paling penting, memberikan pengalaman belajar secara nyata dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 dengan pengambilan data yang mulai dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2012 sampai 2 Mei 2012 bertempat di SDN Jember Lor 03 dengan subjek penelitian siswa kelas IVA yang berjumlah 38 anak terdiri dari 23 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil ulangan harian semester I, peringkat kelas (rangking) pada semester I Tahun Ajaran 2011/2012, analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan Inquiry siklus I dan siklus II, tes akhir siklus I dan siklus II. Analisis data terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran pendekatan Inquiry pada siklus I mencapai 78,95 % sedangkan pada silkus II mencapai 100 %. Analisis ketuntasan hasil belajar pada tes akhir siklus I mencapai 73,68 % sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Sedangkan daya serap klasikal pada siklus 1 73,76% dan pada siklus II 78,97 %. Berdasarkan analisis ketuntasan belajar pada siklus I dan siklus II maka siswa kelas IVA SDN Jember Lor 03 telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajarnya apabila terdapat minimal 70 % siswa telah mencapai nilai ≥ 70. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inquiry dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas IVA SDN Jember Lor 03 tahun pelajaran 2011/2012 dalam proses pembelajaran kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dan mata pencaharian berdasarkan kondisi alam. Hal ini terbukti pada siklus I diketahui 18,42% sangat aktif, 60,53% aktif dan 21,05% cukup aktif, sedangkan pada siklus II diketahui 42,21% sangat aktif dan 65.79% aktif. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inquiry juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Jember Lor 03 tahun pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam dan mata pencaharian berdasarkan kondisi alam. Hal ini dibuktikan pada siklus I terungkap daya serap klasikal sebesar 73,76% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 73,68%, pada siklus II daya serap klasikal sebesar 78,97% dengan ketuntasan belajar secara klasikal 100%. Saran: pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan inquiry dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran, khususnya pembelajaran mengajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210274042;
dc.subjectAktivitas Siswa, Hasil Belajar, Pendekatan Inquiryen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENDEKATAN INQUIRY POKOK BAHASAN KEGIATAN EKONOMI DALAM MEMANFAATKAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IVA SDN JEMBER LOR 03 SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record