Profil Pemecahan Masalah Aritmetika Sosial Berdasarkan Tahapan Polya Siswa SMPN 11 Jember Kelas VII-A Ditinjau dari Gaya Kognitif : Field Dependent dan Field Independent
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah pada siswa kelas VII-A di SMPN 11 Jember. Profil pemecahan masalah matematika merupakan gambaran atau deskripsi tentang bagaimana upaya siswa dalam menyelesaikan soal matematika dengan menggunakan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Deskripsi tersebut akan dikaitkan dengan gaya kognitif psikologis yang dimiliki oleh siswa. Gaya kognitif psikologis dibagi menjadi 2, yaitu gaya kognitif field dependent dan field independent. Proses analisis jawaban siswa dalam masalah Aritmetika Sosial berdasarkan tahapan Polya meliputi memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Instrumen yang digunakan adalah tes GEFT, tes kemampuan pemecahan masalah soal Aritmetika Sosial, dan wawancara. Terdapat beberapa persamaan dan perbedaan antara siswa field dependent dan field independent dalam memecahkan masalah pada setiap tahap Polya. Namun secara umum, siswa field independent lebih baik dalam memecahkan masalah dibandingkan dengan siswa field dependent.
Collections
- SRA-Education [1352]