Show simple item record

dc.contributor.advisorRahayu
dc.contributor.advisorSihono
dc.contributor.authorDewi Lestari
dc.contributor.authorRahayu
dc.contributor.authorSihono
dc.date.accessioned2016-05-30T07:40:49Z
dc.date.available2016-05-30T07:40:49Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/74332
dc.description.abstractPenerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match atau mencari pasangan dikembangkan oleh Lorna Curran pada tahun 1994. Model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat memupuk kerja sama siswa dalam menjawab pertanyaan dengan mencocokkan kartu yang ada ditangan mereka, proses pembelajaran lebih menarik dan siswa lebih antusias mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match mata pelajaran IPS pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kenocng 03 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian terdiri dari 20 siswa, yaitu terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II di SDN Kenocng 03 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SDN Kencong 03 meningkat. Motivasi belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 54% (kriteria cukup) meningkat pada Siklus I sebesar 71,25% (kriteria tinggi) dan meningkat lagi pada Siklus II sebesar 82,25% (kriteria tinggi). Hasil belajar siswa pada Pra Siklus sebesar 67,15 dengan kriteria hasil belajar cukup meningkat menjadi 77,40 dengan kriteria hasil belajar baik pada Siklus I, meningkat lagi menjadi 81,90 dengan kritria hasil belajar sangat baikpada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik Make A Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas II pokok bahasan peran anggota keluarga di SDN Kencong 03 Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUNEJen_US
dc.subjectPembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match, motivasi belajar, hasil belajaren_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas II Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Peran Anggota Keluarga di SDN Kencong 03 Jemberen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • SRA-Education [983]
    Koleksi Artikel Hasil Penelitian Mahasiswa S1 Bidang Pendidikan (FKIP)

Show simple item record