dc.description.abstract | Sistem belajar Family and Community-Based School Education (FCBS£)
merupakan sistem belajar yang menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang
telah diperoleh siswa dalam keluarga dan masyara.kat sebagai dasar untuk
memperoleh pengetahuan di sekolah. Sistem ini merupakan penerapan konsep
keterpaduan antara pendidikan sekolah, masyarakat dan keluarga. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem belajar FCBSE terhadap hasil belajar
biologi sub konsep keanekaragaman hewan kelas I semester 2 di SMP Negeri l
Banyuputih Situbondo dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran biologi
denf,ran menggunakan sistem belajar FCBSE. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas I semester 2 di SMP Negeri I banyuputih Situbondo dan
ditentukan dengan uji homogenitas nilai ulangan harian pada konsep sebelwnnya
dan dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan
observasi. Sedangkan data hasil belajar untuk aspek kognitif diperoleh dengan
cara test. Data dianalisis menggunakan t-test dan dihitung efektivitas relatif dari
hasil belajar biologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sistem
belajar FCBSE terhadap hasil belajar biologi sub konsep keanekaragaman hewan
kelas l semester 2 di SMP Negeri I Banyuputih Situbondo ditinjau dari aspek
kognitif, afektif dan psikomototrik. Rata-rata nilai kelas FCBSE ditinjau dari
aspek kognitif 64,75 ± 9,81 dan kelas konvensional 54,92 ± 17,73, dari aspek
afekiif rata-rata nilai keias FCBSE 76 ± 7,91 dan kelas konvensional 71 ,05 ± 7,97
dan dari aspek psikomotorik rata-rata nilai kelas FCBSE 76,16 ± 7,44 dan kelas
konvensional ,71,1 8 ± 5,6 1. Nilai efektivitas relatif kelas FCBSE ditinjau dari
aspek kognitif adalah 17,9%, ditinjau dari aspek afektif 6,97% dan ditinjau dari aspek psikomotorik 7%. | en_US |