dc.description.abstract | Salah satu penentu keberhasilan pendidikan adalah proses helajar
mengajar. Penggunaan metode belajar yang sesuai dapat membuat siswi menjaidi
responsif dan bergairah dalam mengikuti proses belajar mengajar. Sampai saat ini
belum pernah diungkap tentang penggunaan metode problem possing dan
ceramah. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan
hasil belajar siswa yang diajar dengan metode problem possing dan metode
ceramah, manakah pencapaian hasil belajar yang lebih elfektif antara metode
problem possing dibandingkan dengan metode ceramah. Tujuan peneitian ini
untuk mengetahui perlbedaan hasil bdajar siswa yang diajar dengan rnelode
probkm possing dan metode ceramah, besarnya efektifitas antara metode
problem possing dan Metode cerarnah. Sampai dalam penelitian ini ditentukan
dengan teknik cluster random sampling dengan cara undian. Sebelum
pengambilan sampel dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Sampel yang
tepilih yaitu kelras IIC dan IID. Metode pengumpulan data dengan teknik
observasi, dokumentasi dan tes. Anaiisa data dengan ujit t test Hasil penelitian ini diperoleh F hitung 3.852 sedangkan F tabel 1666. Karena f hitung dan T table maka ada
perbedaan yang signifikan antara hasit belajar siswu yang diajar dengan
menggunakan metode problemn possing dan ceramah. efektifitas relatif sebesar 1 2-463%, jadi ada perbedaan ketercapaian pembelajaran dengan menggunakan
metode problem possing dan metode ceramah. Sehingga dapal disarankan dalam pembelajaran hendaknya menggunakan problem possing | en_US |