ANALISIS BEBERAPA FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN WANITA PEKERJA DALAM KEPUTUSAN MEMILIH SUATU SUPERMARKET SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA (Studi Kasus Wanita Pekerja pada Rumah Sakit di Kotamadya Tangerang)
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan oleh wanita pekerja dalam keputusannya memilih suatu supermarket sebagai tempat untuk berbelanja serta untuk mengetahui faktor yang paling dominan dipertimbangkan wanita pekerja dalam keputusannya berbelanja di suatu supermarket.
Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis faktor, Jumlah responden yang diteliti sebanyak 180 responden yang  berasal dari empat rumah sakit di kotamadya Tangerang. Sampel diambil dengan metode proporsional random   sampling. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu wawancara langsung dengan menggunakan kuisioner   dan teknik observasi. Skala pengukuran yang digunakan atas tanggapan responden  adalah Skala Kategori. Variabel yang  diteliti  sebanyak  33 variabel.
Berdasarkan hasil analisis faktor, muncul 31 variabel yang menyebar pada 9 faktor. Ada dua variabel yang dikeluarkan dari model karena mempunyai faktor loading lebih kecil dari 50%, variabel tersebut adalah kondisi lingkungan dan  ketanggapan  pramuniaga.
Adapun 9 faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih supermarket sebagai tempat berbelanja  adalah faktor produk (11.6496); faktor atribut fisik (9.4101); faktor  lokasi (7.5381); faktor kemudahan jangkauan (6.8579); faktor pelayanan (6.6634); faktor keamanan dan kebebasan belanja (5.7058); faktor  promosi (5.5002); faktor interior desain (5.1665); dan urutan  terakhir adalah faktor harga (4.6324).
Berdasarkan 9 faktor tersebut, faktor produk merupakan faktor yang paling dipertimbangkan wanita pekerja dalam memilih   suatu supermarket sebagai tempat berbelanja dengan  persentase varian tertinggi yaitu 11.6496 %.
Collections
- MT-Management [555]
