| dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan hasil belajar dan pencapaian ketuntasan belajar individual siswa sebesar 75%. Tujuan dari penelitian ini adalah : 
(1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar dan ketuntasan belajar 1 siswa menurut kurikulum 1994 maupun 2004 
(2) Untuk mengetahui efektifitas bimbingan belajar terhadap hasil belajar dan  ketuntasan belajar siswa menurut kurikulum 1994 maupun 2004. 
Kelas sampel ditentukan dengan uji homogenitas menggunakan nilai report semester I, sedangkan untuk penentuan responden menggunakan nilai pre tes dengan standart  ≥ 40. Dari hasil analisis uji Z untuk pengaruh bimbingan belajar terhadap hasil belajar, diperoleh Zhitung =  4,65,  Untuk Zhitung = 4,65 luas setengah pada  tabel daerah  kurva normal  adalah 0,4999 atau 49,99% sehingga seluruh luas daerah   kurva normal 99,98%. berarti berada diluar daerah penerimaan, Uji Z untuk pengaruh bimbingan belajar terhadap ketuntasan belajar mcnurut  kurikulum 1994  seluruh luas daerah kurva normal 49,38%.  Sementara untuk uji-t diperolch Thitung = 4,063, pada Ttabel  untuk df  27 = 2,052 berarti Thitung > Ttabel. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar dan ketuntasan belajar individual siswa menurut kurikulum 1994 maupun 2004. Sementara untuk uji efekiifitas bimbingan  belajar terhadap hasil belajar diperoleh 25,259% termasuk kategori cukup efektif. Untuk ketuntasan belajar individual siswa menurut kurikulum 1994 adalah 9,244%, untuk kurikulum 2004 diperoleh 14,39% termasuk kategori tidak efektif. Sehingga diketahui bimbingan belajar cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, tapi tidak efektif untuk pencapaian ketuntasan belajar Individual siswa menurut kurikulum 1994 dan 2004. | en_US |