Show simple item record

dc.contributor.authorHISTORICA APOSETO WIBOWO
dc.date.accessioned2013-12-10T04:23:25Z
dc.date.available2013-12-10T04:23:25Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090910202005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7395
dc.description.abstractBatu alam yang sedang diminati ini berhubungan dengan gaya hidup masyarakat yang semakin berkembang, dalam artian masyarakat dewasa ini lebih menginginkan pembaharuan dalam hal desain bangunan yang dihuninya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi produk batu alam dalam upaya peningkatan volume penjualan pada CV Superindo Abadi Jember. Penelitian ini dilakukan di CV Superindo Abadi Jalan Riau No. 17 Jember dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan melakukan wawancara mendalam untuk mengetahui, memperluas, dan memperdalam deskripsi penelitian “snowball sampling”. Serta tahap analisis data menggunakan analisis domain dan analisis taksonomi. Inovasi produk yang dilakukan pada CV Superindo Abadi Jember adalah pada bagian input penambangan bahan baku dilakukan oleh tenaga kerja perusahaan, melengkapi sarana transportasi serta mengolah bahan mentah setelah penambangan dari gumuk oleh tenaga kerja yang dilakukan dengan cara tradisional yaitu dipotong, dicuci serta ditipiskan agar mudah diproses lebih lanjut oleh bagian produksi dengan cara dipotong sesuai ukuran, dipahat dan diukir. Pada awalnya perusahaan memiliki pasar area kampus unej, telah diinovasi menggunakan perluasan pasar yaitu dengan cara mengirim barangnya keluar kota dan menyediakan jasa tukang dan jasa desainer. Limbah dari proses produksi perusahaan dapat dimanfaatkan untuk batu cor. Pada sisi presesnya yang menjadi kendala perusahaan yaitu minimnya peralatan yang berteknologi canggih, namun perusahaan berfikir kreatif dengan menciptakan peralatan sendiri dengan menggunakan tenaga listrik, yaitu pisau potong. Pada sisi outputnya terbagi dalam tiga langkah yaitu pada awalnya perusahaan melakukan proses kreatif, Proses inovasi ukuran, model, ukiran, Proses inovasi yang memanfaatkan jasa relasi. Pada awalnya perusahaan melakukan proses kreatif yang mempunyai tiga aspek yaitu keahlian, kemampuan berpikir fleksibel dan imajinatif. Setelah itu perusahaan baru menciptakan inovasi produk dengan cara menambah dan mengubah ukuran, mudel, serta ukiran. Hasil inovasinya adalah batu khas jember yaitu batu piring, batu singaraja, batu murmer yang berbentuk tidak beraturan dan tersedia berbagai ukuran serta sesuai permintaan konsumen. Pada tahap akhir perusahaan menentukan inovasi dengan memanfaatkan jasa relasi, hasilnya adalah sesuai dengan keinginan konsumen yang membutuhkan bahan baku apa, modelnya bagaimana serta ukurannya sesuai dengan kebutuhan untuk bangunannya. Inovasi yang dilakukan oleh CV Superindo Abadi Jember merupakan bagian dari kegiatan perusahaan untuk dapat mempertahankan diri terhadap kondisi pesaing yang ada serta diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan pada perusahaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090910202005;
dc.subjectBATU ALAM, PENJUALANen_US
dc.titleINOVASI PRODUK BATU ALAM DALAM UPAYA PENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA CV SUPERINDO ABADI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record