Show simple item record

dc.contributor.authorNOVIANA MARIATUL ULFA
dc.date.accessioned2013-07-29T06:12:57Z
dc.date.available2013-07-29T06:12:57Z
dc.date.issued2013-07-29
dc.identifier.nimNIM070210301113
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/738
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru ekonomi dan siswa kelas X.C MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu guru kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa kelas X.C cenderung rendah pada saat proses pembelajaran, data hasil dari observasi awal menunjukkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 42,47 yang masih tergolong dalam kategori rendah, serta hasil belajar siswa kelas X.C masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu nilai rata-rata sebesar 36,97 dari 41 siswa. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemilihan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X.C di MAN Jember 1 tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Ekonomi materi pasar, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas X.C di MAN Jember 1 tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran Ekonomi materi pasar. Salah satu pendekatan pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah pendekatan Open-Ended. Pendekatan Open-Ended berfokus pada hubungan di dalam lingkungan kelas, yaitu diskusi yang membuat interaksi antar siswa dengan siswa yang di satukan dalam suatu kelompok bisa baik sehingga memudahkan proses belajar mengajar. Diskusi dalam pendekatan Open- Ended ini agar siswa mampu berdiskusi, berkomunikasi dengan baik agar kelompok bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan beberapa jawaban. Pendekatan Open-Ended merupakan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa yang diinginkan, karena pendekatan Open-Ended merupakan cara, petunjuk yang dapat mempertajam daya ingat serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh siswa kelas X.C semester ganjil di MAN Jember 1 sebanyak 41 siswa, dengan berdasarkan atas permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 17 – 24 November 2011, pada hari Kamis pukul 08.30-10.00. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data primer. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Siklus II dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) dengan menerapkan pendekatan Open-Ended aktivitas belajar siswa pada siswa kelas X.C MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi materi pasar semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 65,41 yang termasuk dalam kategori aktif, (2) dengan menerapkan pendekatan Open- Ended hasil belajar siswa pada siswa kelas X.C MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi materi pasar semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata sebesar 87,80 dari 41 siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301113;
dc.subjectPENDEKATAN OPEN-ENDEDen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pasar Siswa Kelas X.C MAN Jember 1 Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record