Show simple item record

dc.contributor.authorNURUL ISTIQFAROH
dc.date.accessioned2013-12-10T04:12:32Z
dc.date.available2013-12-10T04:12:32Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7381
dc.description.abstractendahnya nilai hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya membaca intensif kelas III SDN Rambipuji 02 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih kurang bervariasi, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan strategi pembelajarannya tidak disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu siswa cenderung kurang dapat memahami isi bacaan. Oleh karena itu, pemecahan masalah yang dapat membantu yaitu strategi KWL (Know-Want to KnowLearned).StretegiKWL membantu siswa memikirkan informasi baru yang diterima.Strategi ini juga bisa memperkuat kemampuan siswa mengembangkan pertanyaantentang berbagai topik. Siswa juga dapat menilai hasil belajar mereka sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif pada siswa kelas III SDN Rambipuji 02 Jember tahun pelajaran 2012-2013; dan 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan membaca intensif setelah menggunakan strategi KWL pada siswa kelas III SDN Rambipuji 02 Jember tahun pelajaran 2012-2013?. Sesuai dengan rumusan masalah yang telah dikemukakan penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif pada siswa kelas III SDN Rambipuji 02 Jember tahun pelajaran 2012-2013; dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran membaca intensif dengan menggunakan strategi KWL pada siswa kelas III SDN Rambipuji 02 Jember tahun pelajaran 2012-2013. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Rambipuji 02 Jember, dimulai pada tanggal 27 November 2012 sampai tanggal 1 Desember 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 38 anak, terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis hasil belajar setelah diterapkan strategi KWL pada siswa kelas III SDN Rambipuji 02 Jember yaitu pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa 57,6 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 65 sebanyak 17 siswa dengan persentase 44,8%.Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswayaitu 66,5 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 65 sebanyak 22 siswa dengan persentase 68,4 %. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu nilai rata-rata siswa 81 dan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 65 sebanyak 35 siswa dengan persentase 84,2 %. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dari 68,4% menjadi 84%. Makas hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi KWL dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas III SDN Rambipuji 02 karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan agar guru kelas dapat menerapkan strategi KWL pada mata pelajaran bahasa Indonesia agar stratergi pembelajaran yang diberikan dapat bervariasi dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa yang lebih tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204018;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED(,KWL)en_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF MELALUI STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIPUJI 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record