Show simple item record

dc.contributor.authoruril Hifdziyah
dc.date.accessioned2013-12-10T04:08:42Z
dc.date.available2013-12-10T04:08:42Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204089
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7374
dc.description.abstractBerdasarkan yang tercantum di dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, pembelajaran apresiasi sastra bertujuan agar siswa menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa, dan juga agar siswa menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia. Pembelajaran menulis puisi adalah kegiatan mendalami seni sastra di Indonesia, sehingga tumbuh pengertian, pemahaman, penghargaan atau sikap positif terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalam karya sastra tersebut. Namun, keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Badean 01 Jember masih rendah dikarenakan diksi yang digunakan siswa kurang mengandung unsur keindahan dan kurang bermakna tema yang terkandung dalam puisi tidak sesuai dengan tema yang sudah ditentukan, puisi yang dibuat siswa kebanyakan tidak memiliki judul, guru tidak membimbing siswa dalam menulis puisi, maka untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan teknik tertentu yang membuat siswa tertarik untuk menulis puisi. Teknik menulis puisi yang diterapkan adalah teknik akrostik. Teknik akrostik dipilih karena dengan teknik ini pembelajaran menulis puisi menjadi menarik dan menyenangkan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah penerapan teknik akrostikyang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013?, dan (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisisetelah pembelajaran dengan teknik akrostik siswa kelas V SDN Badean 01 Jember TahunPelajaran 2012/2013?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan teknik akrostikdalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas V SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013, dan (2) untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi setelah pembelajarandengan teknik akrostik siswa kelas V SDN Badean 01 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan di SDN Badean 01 Jember. Subjek penelitian, yaitu kelas V tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 38 orang yang terdiri atas siswa laki-laki sebanyak 19 orang dan siswa perempuan sebanyak 19 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan tes. Penerapan teknik akrostik yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Badean 01 Jember adalah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan langkah-langkah menulis puisi dengan teknik akrostik, yaitu tahap menentukan tema puisi, memilih kata yang sesuai dengan tema, menyusun kata yang dipilih secara vertikal, menyusun diksi dari huruf awal dari kata yang tersusun secara vertikal, serta taham penyuntingan. Pembelajaran tersebut tidak lepas dari bimbingan dari guru agar siswa tidak mengalami kesulitan. Hasil pembelajaran menulis puisi melalui teknik akrostik terlihat adanya peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan hasil tes menulis puisi pada siswa kelas V SDN Badean 01 Jember dengan persentase ketuntasan 34% pada prasiklus, menjadi 71% pada siklus I, dan meningkat menjadi 87% pada siklus II. Adapun saran yang diharapkan dari kegiatan penelitian ini, yaitu menjadikan teknikakrostik sebagai salah satu pilihan dalam pelaksanaan pembelajaran menulis puisi oleh gurudi kelas. Meningkatkan minat siswa untuk belajar menulis puisi serta memiliki keberanian untuk bertanya jika mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Teknik akrostik dapat dijadikan sebagai acuan oleh peneliti lain untuk melakukan penelitian serupa, serta menjadiacuan untuk menemukan alternatif teknik pembelajaran lain yang dapat meningkatkanketerampilan menulis puisi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204089;
dc.subjectKETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIKen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS V SDN BADEAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record