Show simple item record

dc.contributor.authorSlamet Hariyadi
dc.contributor.authorKamalia Fikri
dc.contributor.authorArif Fatahillah
dc.date.accessioned2016-05-04T02:51:05Z
dc.date.available2016-05-04T02:51:05Z
dc.date.issued2016-05-04
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73684
dc.descriptionLembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan 37 Jember Telepon 0331 337818en_US
dc.description.abstractPembelajaran menggunakan lingkungan sebagai objek belajar adalah solusi yang dapat mengarahkan siswa pada upaya mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata. Sekolah juga dapat berfungsi mentransmisi dan mentransformasi kearifan lokal yang terwujud dalam bentuk kebudayaan menjadi sumber belajar. Masyarakat wilayah perkebunan Kalibaru berada di desa terisolir, sehingga akses mutu pendidikan, tingkat kesejahteraan, dan kesadaran akan manfaat pendidikan rendah. Hanya 20% siswa yang melanjutkan ke SMA dan 40% yang bekerja sebagai buruh di luar daerah, sisanya 55% menetap dan menjadi buruh perkebunan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan wilayah perkebunan melalui integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran, agar siswa mampu menembus akses pendidikan lanjut atau dapat bekerja dengan keterampilan yang memadai.Metode penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan Snowball Sampling dimana penentuan sampel menggunakan responden yang dianggap penduduk asli (key informant) yang mengetahui kearifan lokal murni wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal berupa budaya permainan tradisional (bentengan), perawatan pasca persalinan menggunakan herbal, budaya seni hadrah, zat aditif makanan, budaya sosial ater-ater, serta budaya kebersihan kebun. Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun di wilayah perkebunan Kalibaru, yang diantaranya mempunyai nilai-nilai orisinalitas, kedermawanan, solidaritas serta gotong royong yang tinggi antar sesama. Nilai-nilai ini diintegrasikan ke dalam strategi pembelajaran yang diformat dalam bentuk bahan ajar. Cara ini efektif karena memberikan bahan apersepsi intelektual dan emosional yang kukuh dan tidak bersifat verbal dengan alam sekitar karena mempunyai ikatan emosional yang baik sehingga memungkinkan terjadinya pembelajaran secara totalitas. Jadi kualitas mutu pendidikan di wilayah perkebunan terisolir dapat meningkat dan sejajar dengan wilayah diluar perkebunan.en_US
dc.description.sponsorshipHibah Bersaing - 2015en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherFKIP - 2015en_US
dc.relation.ispartofseriesHibah Bersaing;2015
dc.subjectintegrasien_US
dc.subjectkearifan lokalen_US
dc.subjectperkebunanen_US
dc.subjectpembelajaran IPAen_US
dc.titleINTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN DI SEKOLAH-SEKOLAH WILAYAH PERKEBUNAN KOPI KALIBARUen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record