• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Bersaing
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LINGKUNGAN DI SEKOLAH-SEKOLAH WILAYAH PERKEBUNAN KOPI KALIBARU

    Thumbnail
    View/Open
    Laporan Akhir Drs. Slamet H..pdf (1.462Mb)
    Date
    2016-05-04
    Author
    Slamet Hariyadi
    Kamalia Fikri
    Arif Fatahillah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai objek belajar adalah solusi yang dapat mengarahkan siswa pada upaya mengaitkan pelajaran akademis dengan konteks kehidupan nyata. Sekolah juga dapat berfungsi mentransmisi dan mentransformasi kearifan lokal yang terwujud dalam bentuk kebudayaan menjadi sumber belajar. Masyarakat wilayah perkebunan Kalibaru berada di desa terisolir, sehingga akses mutu pendidikan, tingkat kesejahteraan, dan kesadaran akan manfaat pendidikan rendah. Hanya 20% siswa yang melanjutkan ke SMA dan 40% yang bekerja sebagai buruh di luar daerah, sisanya 55% menetap dan menjadi buruh perkebunan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pendidikan wilayah perkebunan melalui integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran, agar siswa mampu menembus akses pendidikan lanjut atau dapat bekerja dengan keterampilan yang memadai.Metode penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan Snowball Sampling dimana penentuan sampel menggunakan responden yang dianggap penduduk asli (key informant) yang mengetahui kearifan lokal murni wilayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal berupa budaya permainan tradisional (bentengan), perawatan pasca persalinan menggunakan herbal, budaya seni hadrah, zat aditif makanan, budaya sosial ater-ater, serta budaya kebersihan kebun. Tradisi ini merupakan tradisi turun temurun di wilayah perkebunan Kalibaru, yang diantaranya mempunyai nilai-nilai orisinalitas, kedermawanan, solidaritas serta gotong royong yang tinggi antar sesama. Nilai-nilai ini diintegrasikan ke dalam strategi pembelajaran yang diformat dalam bentuk bahan ajar. Cara ini efektif karena memberikan bahan apersepsi intelektual dan emosional yang kukuh dan tidak bersifat verbal dengan alam sekitar karena mempunyai ikatan emosional yang baik sehingga memungkinkan terjadinya pembelajaran secara totalitas. Jadi kualitas mutu pendidikan di wilayah perkebunan terisolir dapat meningkat dan sejajar dengan wilayah diluar perkebunan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73684
    Collections
    • LRR-Hibah Bersaing [348]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository