• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TRANSFORMATIVE LEARNING PADA KELOMPOK PENGAJIAN AZ-ZAHRA YANG BERLATAR BUDAYA JAWA MADURA DI PERUMAHAN TEGAL BESAR PERMAI I KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Niswatul_PLS_OKOK_(FKIP).pdf (340.8Kb)
    Date
    2016-05-03
    Author
    Imsiyah, Niswatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pengajian merupakan salah satu bentuk program pendidikan non formal yang banyak diselenggarakan oleh masyarakat. Pengajian dilaksanakan untuk menambah pengetahuan agama, meningkatkan iman, memperbaiki sikap dan mengoko hkan kepribadian. Oleh karena itu dalam pembelajarannya diharapkan terjadi suatu perubahan pada diri peserta pengajian. Sebagaian besar peserta didiknya adalah ibu ibu yang berlatar budaya Jawa Madura yang sebagaian masih percaya pada tradisi klenik dan mitos. Oleh karena itu melalui pembelajaran transformatif diharapkan terjadi perubahan yang mendasar pada anggota kelompok pengajian. Tulisan ini merupakan hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran pelaksanaan transformative learning pada kelompok pengajian Az-Zahra, (2) masalah yang dihadapi peserta pengajian Az-Zahra dan perlu diatasi dengan pembelajaran transformatif, (3) perubahan yang didapatkan peserta pengajian Az-Zahra setelah memperoleh pembelajaran transformatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tradisi studi kasus. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah Snowball Sampling Technique. Subjek penelitian adalah Pengurus pengajian, Ustadzah, peserta pengajian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh dari hasil Penelitian ini adalah: 1) gambaran pelaksanaan transformative learning pada kelompok pengajian Az-Zahra diawali pendidik dengan menyampaikan tausiyah disertai dalil Al-Qur’an dan Al-Hadist serta memberikan sedikit doktrin agama agar dapat menciptakan kepatuhan mutlak pada anggota .Selanjutnya ketika ada waktu berkunjung ke anggota dengan tujuan bersilaturahmi juga melakukan pendekatan kepada anggota agar apa yang disampaikan tidak hanya sekedar dialog tanya jawab tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikutnya dengan memberikan bulletin setiap bulan dan memberikan konseling di rumah jika ada peserta pengajian mempunyai masalah yang tidak bisa disampaikan dalam forum pengajian.2) Masalahmasalah yang dihadapi peserta pengajian Az-Zahra adalah a. belum mempunyai kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.; b. latar belakang budaya yang berpengaruh pada tata kehidupan anggota pengajian . 3) Perubahan yang didapatkan peserta pengajian Az-Zahra adalah : a. memahami arti pentingnya belajar membaca Al-Qur’an; 2) dapat mempertebal dan memperkokoh iman para anggota.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73660
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7368]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository