Show simple item record

dc.contributor.authorDewi Bakti Padang Iriani
dc.date.accessioned2013-12-10T03:56:04Z
dc.date.available2013-12-10T03:56:04Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204167
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7353
dc.description.abstractHasil observasi pendahuluan menunjukkan bahwa pembelajaran IPA yang diajarkan masih menggunakan metode dan media yang sederhana dan kurang bervariasi, cara ini membuat motivasi siswa dalam pembelajaran kurang dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Benda?; (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan Menggunakan Metode Inkuiri Pada Pokok Bahasan perubahan Benda?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan Menggunakan Metode l Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Benda; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model inkuiri kelas II SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo kabupaten Jember Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Perubahan Benda. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Curahnongko 02 Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II tersebut dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: motivasi siswa dan hasil belajar, berturut-turut menggunakan rumus: )(Nsiswa skor dan n E . %100x N Dari analisis data hasil penelitian untuk motivasi siswa diperoleh motivasi siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II secara berurutan yaitu 50,4 (kategori sedang) dan 66 (kategori tinggi). Dari analisis data hasil belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal dan individu yaitu terdiri dari prasiklus sebesar 40% (kategori belum tuntas secara klasikal) dengan 15 siswa belum tuntas; siklus I sebesar 84% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 4 siswa belum tuntas; dan siklus II sebesar 92% (kategori tuntas secara klasikal) dengan 2 siswa belum tuntas. Dari hasil analisis data tersebut terlihat persentase pada setiap siklus mengalami peningkatan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) motivasi siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan; (2) ketuntasan belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran inkuiri menjadi meningkat. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah: a) bagi guru, berdasarkan hasil penelitian pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran inkuiri sebagai upaya dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa yang maksimal; b) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan; c) bagi lembaga, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan SD Negeri Curahnongko 02.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204167;
dc.subjectPENINGKATAN MOTIVASI, METODE INKUIRIen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN BENDA MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK SISWA KELAS II SDN CURAHNONGKO 02 KECAMATAN TEMPUREJO KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record