dc.description.abstract | PISA (Programme for International Student Assesment) merupakan suatu studi
bertaraf internasional yang diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic
Cooperation and Development) yang mengkaji kemampuan literasi siswa pada rentang
usia 15 tahun yang diikuti oleh beberapa negara peserta, termasuk Indonesia. Penilaian
pada siswa rentang usia 15 tahun memberikan indikasi awal tentang bagaimana
individu dapat merespon di kemudian hari dengan beragam situasi yang akan mereka
hadapi yang melibatkan matematika.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan kemampuan logika dan penalaran dalam menyelesaikan soal
berstandar PISA pada siswa usia 15 tahun. Penelitian ini menggunakan beberapa
instrumen penelitian, meliputi soal dan kunci jawaban tes kemampuan logika dan
penalaran pada soal berstandar PISA yang telah diterjemahkan dalam bahasa
Indonesia, rubrik penilaian kemampuan logika dan penalaran, dan pedoman
wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas IX-A MTs Negeri Jember
1, yang meliputi masing-masing 2 siswa dari yang berkemampuan matematika tinggi,
sedang, dan rendah. Level kemampuan matematika ditentukan dari hasil nilai UTS
matematika 15 siswa tersebut kemudian disusun tabel frekuensi dengan membuat 3
kategori kemampuan matematika. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 02-26
Oktober 2015. Metode pengumpulan data penelitian meliputi metode dokumentasi, tes,
dan wawancara. Hasil validasi dari semua instrument yakni soal dan kunci jawaban tes
kemampuan logika dan penalaran, rubrik penilaian, dan pedoman wawancara baik dari
segi konstruksi maupun isi, berturut-turut adalah 4,94; 4,5; dan 4,67. Artinya,
keseluruhan dari instrumen penelitian tersebut dapat dikatakan valid. | en_US |