dc.description.abstract | Karakteristik soal PISA merupakan soal yang membutuhkan kemampuan
berpikir tingkat tinggi dalam pengerjaannya (Apsari, 2012). Kemampuan
melibatkan analisis, evaluasi, dan kreasi dianggap sebagai kemampuan berpikir
tingkat tinggi (Pohl dalam Lewy et al, 2009). Kemampuan analisis dapat diartikan
sebagai kemampuan individu untuk menentukan bagian-bagian dari suatu masalah
dan menunjukkan hubungan antar-bagian tersebut, melihat penyebab-penyebab
dari suatu peristiwa atau memberi argumen-argumen yang menyokong suatu
pernyataan (Sudrajat, 2007). Kemampuan evaluasi adalah kegiatan membuat
penilaian berkenaan dengan nilai sebuah idea, kreasi, cara atau metode (Suherman
dalam Yudhanegara, 2012). Kemampuan kreasi adalah kemampuan untuk
mengkombinasikan elemen-elemen untuk membentuk sebuah struktur yang unik
(Suherman dalam Yudhanegara, 2012). Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan,
agar mengetahui dan mengenali kemampuan analisis, evaluasi, dan kreasi siswa
yang berumur 15 tahun dengan kemampuan matematika mereka dari hasil
penyelesaian soal PISA yang diujicobakan. | en_US |