dc.description.abstract | untuk memahami bagaimana konsep matematika. Dari konsep tersebut siswa
dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang kemudian diaplikasikan dalam
permasalahan dengan bimbingan guru. Standar Proses NCTM menurut Sloan (2005),
siswa lebih cenderung untuk mengembangkan pemahaman dan konseptual dari ideide
matematika yang berbeda. Terdapat lima standar proses NCTM meliputi: (1)
pemecahan masalah, (2) penalaran dan bukti, (3) komunikasi, (4) koneksi, dan (5)
penyajian. Pembelajaran berstandar NCTM meliputi 4 komponen yaitu: (1) tugas, (2)
wacana, (3) lingkungan, dan (4) analisis. Kurikulum 2013 diterapkan di sebagian
pendidikan di Indonesia. Pada pembelajaran matematika kemampuan pemecahan
masalah perlu dilatih agar siswa menjadi terampil dalam kemampuan penalaran.
Kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan bernalar siswa dapat ditingkatkan
dengan melatih kemampuan komunikasi matematika. | en_US |