Show simple item record

dc.contributor.authorMoh. Usman Kurniawan
dc.date.accessioned2013-07-29T02:51:52Z
dc.date.available2013-07-29T02:51:52Z
dc.date.issued2013-07-29
dc.identifier.nimNIM070210301118
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/734
dc.description.abstractSekolah adalah lembaga pendidikan formal yang dibentuk oleh pemerintah dan masyarakat. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah dapat menjalankan tujuan pendidikan secara optimal dengan cara mengembangkan kemampuan anak. Untuk menjalankan tujuan tersebut, maka sekolah membutuhkan koordinasi dengan semua pihak yang ada di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah guru, karena guru adalah orang yang terlibat langsung dalam mengajar dan mendidik anak didik di sekolah. Guru dalam proses pembelajaran mempunyai tugas untuk mendorong, membimbing, dan memberikan fasilitas bagi siswa untuk mencapai tujuan pendidikan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk melihat segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas untuk membantu proses perkembangan siswa. Penyampaian materi pembelajaran hanya merupakan salah satu dari berbagai kegiatan dalam belajar. Mata pelajaran ekonomi di SMA menekankan pada kompetensi yang tidak hanya mencakup ranah hard skills (prestasi kognitif), tetapi juga ranah soft skills (kerjasama dan tanggung jawab). Hal ini dikarenakan pelajaran ekonomi nantinya akan dipraktikan siswa di lingkungan masyarakat, seperti: bekerjasama dalam menjalankan usaha perekonomian dengan orang lain dan bertanggung jawab dalam meningkatkan hasil usaha. Oleh sebab itu, guru dituntut untuk dapat mengembangkan suatu strategi dalam mengajar yang dapat mencakup kedua ranah tersebut. Jika kedua ranah tersebut dapat tercakup maka diharapkan tujuan dari pendidikan akan tercapai, tetapi jika dalam proses pembelajaran guru hanya menanamkan ranah hard skills (prestasi kognitif) saja, maka dikhawatirkan akan berdampak pada menurunnya soft skills (kemampuan kerjasama dan tanggung jawab) siswa. Permasalahan pembelajaran di atas juga terjadi di SMAN Negeri 1 Kencong kelas X khususnya kelas X1 – X5, hal ini diketahui setelah peneliti melakukan studi pendahuluan, baik wawancara dengan guru maupun observasi awal di kelas. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah memasukkan unsur soft skills dalam dunia pendidikan dengan cara mengintegraskan soft skills dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan kerjasama dan tanggung jawab siswa yang diajarkan melalui pengintegrasian soft skills dalam RPP dan tanpa pengintegrasian soft skills dalam RPP. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kencong dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas X. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 sampai dengan kelas X5. Sampel yang digunakan adalah kelas X2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anova dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Hasil uji analisis data pada t tes menunjukkan harga thitung = 7,37 dan ttabel diketahui harga kritik pada t0,05 = 2,92 dan pada t0,01 = 6,96 ( 7,37 > 6,96 > 2,92). Dengan demikian, nilai thitung > t table , sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kerjasama dan tanggung jawab siswa yang diajar dengan pengintegrasian soft skills dan tanpa pengintegrasian soft skills.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301118;
dc.subjectSOFT SKILLS, RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)en_US
dc.titlePERBEDAAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DITINJAU DARI PENGINTEGRASIAN SOFT SKILLS DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) (Studi Komparasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kencong Tahun Ajaran 2011/2012 Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pokok Pelaku Ekonomi)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record