Show simple item record

dc.contributor.authorAbidin, Aang Zainul
dc.date.accessioned2016-02-22T03:50:48Z
dc.date.available2016-02-22T03:50:48Z
dc.date.issued2016-02-22
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73425
dc.description.abstractFisika merupakan salah satu kajian bidang ilmu yang meliputi sikap, proses, produk, dan aplikasi. (Kemendikbud, 2013:1). Praktikum dapat digunakan untuk menunjukkan peristiwa yang melibatkan keempat unsur tersebut. Akan tertapi, sering terjadi kendala seperti alat yang tidak memadai, keterbatasan waktu, keterbatasan dana, dan konsep fisika yang tidak semuanya dapat dipraktikumkan di sekolah. Akibatnya banyak siswa yang memiliki kinerja praktikum yang tergolong rendah, hal ini berpengaruh pula terhadap hasil belajar fisika siswa. Alternatif baru yang ada adalah dibuatnya berbagai macam pendekatan instruksional dalam bentuk program pengajaran berbantuan komputer. Kendati demikian, perkembangan teknologi pembelajaran di indonesia hingga saat ini dikatakan belum optimal (Warsita, 2008:19). Mengacu pada kondisi ini, penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan media pembelajaran laboratorium sains virtual berbasis website (LABSITE) yang diimplementasikan pada pokok bahasan teori kinetik gas di SMA. LABSITE adalah media pembelajaran yang mensimulasikan praktikum dengan memanfaatkan website sebagai dasar pengelola program yang diakses secara offline. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: pertama, untuk menghasilkan media LABSITE yang valid. Kedua, untuk mendeskripsikan kinerja praktikum siswa setelah pembelajaran menggunakan media LABSITE. Ketiga, untuk mendeskripsikan hasil belajar fisika siswa setelah pembelajaran menggunakan media LABSITE.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUMen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM SAINS VIRTUAL BERBASIS WEBSITE (LABSITE) DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record